Sabtu, 20 April 2024

Kemensos Tingkatkan Pelatihan Disabilitas Agar Dapat Akses Pekerjaan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Seorang anak disabilitas diajari menjahit di Rumah Anak Prestasi di Jalan Nginden Semolo Nomor 23 Kota Pahlawan, Jatim, Rabu (7/9/2022). Foto: Antara

Kementerian Sosial (Kemensos) berupaya meningkatkan pelatihan untuk penyandang disabiiltas agar dapat mengakses pekerjaan.

“Untuk training, sudah empat kali kita lakukan training untuk bagaimana mereka bisa mengakses pekerjaan,” ujar Tri Rismaharini Menteri Sosial (Mensos) di Jakarta, Rabu (19/10/2022) dikutip Antara.

Risma mengatakan, hal tersebut dilakukan bersamaan dengan mengupayakan penyandang disabilitas untuk dapat menjadi wiraswasta.

Dia menyebut Indonesia telah memiliki regulasi dalam undang-undang nomor 8 tahun 2016, tentang penyandang disabilitas yang di dalamnya terdapat pasal ketenagakerjaan.

Dijelaskan bahwa pada penerimaan pegawai BUMN dan ASN, penerimaan penyandang disabilitas minimal dialokasikan dua persen, dan pegawai di perusahaan swasta dialokasikan satu persen.

Hingga saat ini untuk penerimaan ASN dan pegawai BUMN, menurut Mensos realisasinya sudah jelas. Namun pada perusahaan swasta, masih terdapat berbagai permasalahan.

Kemensos terus mendorong tercapainya tujuan Incheon Strategy, tidak hanya dalam penanggulangan kemiskinan, namun juga terciptanya lapangan kerja.

Melalui program yang dimiliki, Kemensos bekerja sama dengan Kementerian terkait dalam memberikan pelatihan vokasional atau keahlian kepada disabilitas. Selain itu, Kemensos aktif bekerja sama dengan berbagai perusahaan untuk menyalurkan tenaga kerja. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs