Selasa, 16 April 2024

Kemlu Sebut 17 Pemimpin Negara Hadir Langsung Saat G20 Bali

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Joe Biden Presiden AS dan Xi Jinping Presiden China akan hadir langsung di KTT G20 Bali. Foto: Doc. Reuters

Kementerian Luar Negeri menyebut hingga saat ini telah menerima konfirmasi kehadiran langsung 17 pemimpin di G20 Bali mendatang.

Joe Biden Presiden Amerika Serikat dan Xi Jinping Presiden China termasuk dalam kepala negara yang hadir langung di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Sehingga total kehadiran para pemimpin di G20 pada 15-16 November, termasuk Joko Widodo Presiden RI, adalah 36 orang dari total 41 peserta.

Dari pihak negara peserta G20, Brazil dan Mexico telah menginformasikan bahwa Presiden mereka tidak dapat hadir. Mexico akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri, sementara untuk Brazil masih dilakukan komunikasi mengenai bentuk partisipasi Presiden Brazil yang direncanakan secara virtual.

Sebelumnya pada 8 November 2022, Kementerian Luar Negeri juga telah menerima nota diplomatik dari Kedubes Rusia di Jakarta yang menyampaikan bahwa Vladimir Putin Presiden Rusia  tidak dapat hadir di Bali (in person).

Sementara dari pihak undangan, Pemerintah Fiji absen hadir karena tengah menjalani pemilihan umum mengirimkan utusan khusus (special envoy). Di samping itu Volodymyr Zelenskyy Presiden Ukraina juga berpartisipasi secara virtual

“Kehadiran 18 pemimpin G20 (termasuk Indonesia) ditambah 8 dari 10 negara undangan dan pemimpin 10 Organisasi Internasional merupakan tingkat kehadiran yang sangat tinggi dan mencerminkan komitmen bersama untuk pastikan G20 tetap efektif di tengah situasi yang sangat sulit saat ini,” ungkap Kementerian Luar Negeri melansir laman kemlu.go.id, Sabtu (12/11/2022).(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
29o
Kurs