Jumat, 19 April 2024

Kepala Badan Otorita IKN Janji Penduduk Lokal Jadi Bagian Pembangunan IKN

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Bambang Susantono Kepala Badan Otorita IKN memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (20/7/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Bambang Susantono Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menyatakan penduduk lokal di lokasi IKN, Kalimantan Timur, akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan IKN.

Sehubungan dengan itu, pihaknya akan mempersiapkan penduduk lokal dan memberikan bekal berbagai pelatihan yang dibutuhkan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Otorita IKN dalam keterangannya selepas mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Joko Widodo Presiden, Rabu (20/7/2022), di Istana Merdeka, Jakarta.

“Kami bekerja sama dengan elemen masyarakat, apakah itu lembaga swadaya masyarakat, apakah itu akademisi, apakah itu CSR dari beberapa BUMN atau perusahaan untuk reskilling, upskilling. Jadi, memberikan skill-skill yang Insyaallah dibutuhkan oleh para saudara-saudara kita yang sekarang ini sudah bermukim di kawasan IKN. Sehingga, nantinya mereka juga akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan IKN itu sendiri,” ujarnya.

Dalam rapat tersebut, Bambang juga melaporkan persiapan pembangunan sejumlah pekerjaan infrastruktur bangunan-bangunan inti yang rencananya akan mulai dibangun bulan Agustus mendatang. Persiapan tersebut mencakup konsolidasi lahan hingga akses logistik.

“Utamanya kami akan melihat di lapangan misalnya pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan land consolidation, land clearing, misalnya pematangan tanah kemudian juga akses-akses logistik itu akan segera dipersiapkan, dengan harapan agar nanti di tahun depan itu memang kita sudah mulai full scale, dalam skala penuh untuk membangun infrastruktur dan bangunan-bangunan inti,” ungkapnya.

Di samping pembangunan infrastruktur, bulan Agustus juga Badan Otorita IKN akan melakukan jajak pasar untuk menampung ketertarikan elemen masyarakat yang ingin turut berpartisipasi dalam pembangunan di IKN.

Bambang mencontohkan, di kawasan inti pusat pemerintahan akan ada berbagai pembangunan fasilitas mulai dari kesehatan, pendidikan, hingga fasilitas kebutuhan sehari-hari dan hiburan.

“Pada intinya yang akan kami bangun tidak hanya bangunan fisik, tetapi juga bagaimana kita membangun satu ekosistem dari satu kota yang layak huni. Itu tadi kami di 2024. Sehingga, nantinya satu komplet ya satu ekosistem perkotaan yang komplet dari fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, fasilitas sehari-hari kemudian, fasilitas-fasilitas yang berhubungan dengan amusement center. Bagaimana kanibnanti akan berwisata di sana dan sebagainya itu akan terangkum dan terajut dengan baik di kawasan inti pusat pemerintahan IKN,” jelasnya.

Bambang menambahkan, Jokowi Presiden pun memberikan arahan agar semua hal tersebut disiapkan dengan segera agar pembangunan IKN bisa sesuai dengan tenggat waktu yang telah direncanakan pemerintah.

“Bapak Presiden menyampaikan arahan untuk sesegera mungkin mempersiapkan ini semua. Sehingga, nantinya kami akan bisa tetap menjaga target-target, on the track istilahnya yang akan kita canangkan pada tahun 2024 mendatang,” tandasnya.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs