Sabtu, 27 April 2024

Pembangunan IKN di Kalimantan Timur akan Dimulai Agustus 2022

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden dan Puan Maharani Ketua DPR RI meninjau lokasi IKN di Kalimantan Timur, Rabu (22/6/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden mengatakan, pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan berjalan lancar dan sesuai dengan lini masa yang direncanakan.

Optimisme Presiden berdasarkan pengalaman pemerintah membangun sejumlah infrastruktur, antara lain Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo yang memiliki cukup banyak tantangan.

“Bandara di Kulon Progo sebesar itu saja selesai 18 bulan, satu setengah tahun. Padahal, tantangannya banyak. Interiornya sulit, kemudian ceilingnya juga tinggi banget, itu bisa diselesaikan,” ujar Presiden di sela kegiatan meninjau Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Rabu (22/6/2022).

Pada kesempatan itu, Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menambah optimisme tersebut. Dia bilang, pembangunan di KIPP bisa dimulai Agustus 2022.

“Di sini Agustus kami rencanakan sudah mulai pembangunan,” ucap Menteri PUPR.

Di tempat terpisah, Danis H. Sumadilaga Ketua Satgas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN menyampaikan di titik Presiden meninjau nantinya akan dibangun Istana Kepresidenan.

Dia juga menjelaskan, pihaknya akan segera memulai pelaksanaan pembangunan kawasan IKN secara bertahap, terutama dalam rentang waktu 2022-2024.

“Di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan kami akan membangun land development beberapa kawasan untuk pengembangan Istana, untuk pengembangan kantor-kantor dan sebagainya, didukung oleh air bersih, sanitasi, drainase, dan lain-lain,” ungkapnya.

Kemudian di luar kawasan IKN, akan mulai dibangun jalan tol ke arah IKN.

Insyaallah mulai bulan Agustus pembangunan IKN akan dimulai,” lanjutnya.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut antara lain Puan Maharani Ketua DPR RI, Pratikno Menteri Sekretaris Negara, Bahlil Lahadalia Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bambang Susantono Kepala Badan Otorita IKN, dan Isran Noor Gubernur Kalimantan Timur.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Sabtu, 27 April 2024
Kurs