Jumat, 19 April 2024

Ketua DPD Dorong Penyelamatan Kebencanaan Masuk Kurikulum Khusus

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
LaNyalla Mahmud Mattalitti Ketua DPD RI. Foto: istimewa

Kebencanaan yang terjadi di Indonesia tidak hanya mengancam keselamatan penduduk semata, tetapi juga mengancam sejumlah sekolah. Oleh sebab itu, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti Ketua DPD RI berharap materi penyelamatan kebencanaan masuk kurikulum khusus.

Menurut LaNyalla, bencana yang terjadi tidak jarang memakan korban siswa yang masih melakukan aktivitas di lingkungan sekolah.

“Kebencanaan seperti gempa bumi, banjir dan longsor datangnya seringkali tidak terduga dan memakan korban. Para siswa belum mampu melakukan penyelamatan diri dan berpotensi menjadi korban,” kata LaNyalla, Sabtu (3/12/2022).

Untuk itu, dia mendorong agar penyelamatan diri saat menghadapi kebencanaan dimasukan ke dalam kurikulum sekolah atau kurikulum khusus.

“Artinya, sekolah yang berada di daerah rawan bencana, materi penyelamatan kebencanaan lebih dianjurkan untuk dipelajari secara mendalam,” paparnya.

Senator asal Jawa Timur itu menambahkan, materi penyelamatan diri dari kebencanaan harus lebih ditekankan pada daerah-daerah rawan bencana.

“Karena masyarakat dan siswa di daerah rawan bencana, secara praktik harus mengetahui tindakan pertama saat ada bencana. Sedangkan daerah yang lebih aman penekanannya pada pengetahuan,” paparnya.(faz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
28o
Kurs