Jumat, 26 April 2024

Ketua DPD RI Tegaskan Reog Kesenian Asli Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
AA LaNyalla Mahmud Mattalitti Ketua DPD RI. Foto: Kominfo Jatim

LaNyalla Mahmud Mattalitti Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI geram dengan klaim Malaysia terhadap Reog. Bahkan, negara tetangga itu berencana mendaftarkan kesenian Reog Ponorogo sebagai budaya miliknya ke UNESCO.

Malaysia memang sering mengklaim budaya asli Indonesia sebagai miliknya, seperti klaim pada Batik, Wayang, dan Tari Bali.

Senator Provinsi Jawa Timur itu menegaskan, Reog Ponorogo merupakan kesenian khas Indonesia, bukan Malaysia. Sehingga, tidak boleh ada negara mana pun yang mengklaim.

“Saya tegaskan bahwa Reog Ponorogo merupakan kesenian asli khas Indonesia. Saya meminta agar hal ini dipertahankan sehingga tak ada pihak lain yang melakukan klaim terhadap hal tersebut,” ujarnya melalui pesan tertulis, Sabtu (9/4/2022).

Terkait isu tersebut, LaNyalla mendukung gerak cepat Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur bersama Bupati Ponorogo untuk mempertahankan kesenian Reog Ponorogo dari upaya ‘pencurian’ negara lain.

“Kita harus benar-benar melindungi khazanah budaya yang kita miliki yang dilengkapi dengan berbagai dokumen penunjang yang kuat, agar tidak ada lagi pencurian seni budaya oleh negara lain,” kata LaNyalla.

LaNyalla pun meminta kepada pemerintah untuk merebut kembali berbagai kesenian yang telah diklaim oleh pihak lain.

“Jika mereka mengklaim, maka harus kita lawan, kebenaran itu bisa disalahkan, tapi kebenaran tidak bisa dikalahkan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Ketua Dewan Pembina Kadin Jawa Timur yakin Bupati Ponorogo punya dokumen yang secara scientific bisa meyakinkan UNESCO bahwa Reog produk asli seniman dan budayawan Ponorogo.

Dia pun mendorong supaya ada penekanan kepada Pemerintah Malaysia jangan asal klaim budaya milik orang lain.

“Apalagi Reog secara jelas menunjukkan bahwa ia merepresentasikan budaya Jawa bukan budaya Melayu. Harusnya menjadi pertimbangan UNESCO karena penguasaan penjiwaan terhadap suatu kesenian menunjukan kepemilikan yang melekat dengan jiwa penarinya dan karakter ke-Jawaannya,” tandasnya.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs