Kamis, 25 April 2024

Ketua MPR Minta Pemda Waspada Terhadap Naiknya Covid-19 Secara Signifikan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Bambang Soesatyo Ketua MPR RI. Foto: dok./Faiz suarasurabaya.net

Bambang Soesatyo (Bamsoet) Ketua MPR RI mengatakan, angka kenaikan tertinggi kasus Covid-19 di Indonesia, yakni 620 persen dalam 28 hari, di tengah kasus global Covid-19 yang mengalami tren kenaikan.

Dia meminta pemerintah khususnya pemerintah daerah menaikkan tingkat waspada terhadap penyebaran virus corona di Indonesia, karena kenaikan angka kasus Covid-19 di Indonesia secara signifikan tersebut menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 masih ada atau belum hilang.

“Saya meminta pemerintah segera mengambil sikap guna menekan meningkatnya angka kasus Covid-19 di Indonesia, di antaranya dengan menggencarkan program vaksin dan pemberian edukasi kepada masyarakat mengenai urgensi vaksin di tengah situasi pandemi saat ini yang masih tidak menentu,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Selasa (5/7/2022).

MPR meminta percepatan vaksinasi dapat diprioritaskan pada kelompok petugas pelayanan kesehatan, orang lanjut usia, dan masyarakat yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid, sehingga vaksin Covid efektif menekan angka kematian yang diakibatkan oleh Covid-19.

“Pemerintah harus mengklasifikasi dampak yang ditimbulkan dari tren kenaikan kasus Covid-19 saat ini dikarenakan varian virus corona yang meluas saat ini berbeda dengan varian sebelumnya, yaitu saat ini subvarian Omicron BA.4 dan BA.5, guna ditentukan langkah penanganan yang tepat untuk menekan laju kasus Covid,” jelasnya.

Bamsoet mengimbau seluruh masyarakat untuk disiplin mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun, guna mencegah makin meluasnya virus corona di Indonesia.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs