Jumat, 29 Maret 2024

Korut Catat Nol Kasus Covid-19 Pertama Sejak Mei Lalu

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Relawan melakukan menyemprotkan disinfektan di Pyongyang, Korea Utara. Foto: Reuters

Otoritas Korea Utara melaporkan nol kasus Covid-19 untuk pertama kalinya pada Sabtu (30/7/2022), sejak mengaku dilanda wabah asal Wuhan, China, tersebut pada pertengahan Mei lalu.

Negara terisolasi itu sebelumnya mengklaim berada di jalur yang tepat pada bulan ini untuk mengatasi krisis Covid-19. Pernyataan itu muncul ketika negara-negara tetangganya di Asia berjuang menghadapi lonjakan infeksi akibat subvarian Omicron.

Seperti dilaporkan Antara mengutip KCNA kantor berita resmi Korea Utara, keterbatasan alat uji, dan tidak pernah dilaporkannya orang yang menjalani tes Covid-19 di negara itu, membuat pakar-pakar penyakit menular di seluruh dunia justru meragukan klaim-klaim Korut tersebut.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri mengatakan bulan lalu situasi Covid-19 di Korut memburuk, bukan membaik, di tengah ketiadaan data independen.

KCNA mengatakan satuan tugas penanganan cepat Korut masih disiagakan. “Berbagai upaya juga terus dilakukan untuk mendeteksi dan membasmi pandemi sampai pasien terakhir benar-benar sembuh,” kata KCNA.

Para pengamat Korut juga mengatakan, jika deklarasi kemenangan negara yang dipimpin Kim Jong Un melawan wabah Covid-19, bisa menjadi bekal untuk memulihkan sektor perdagangan yang terdampak pandemi.

Volume perdagangan negara itu anjlok 17,3 persen menjadi 710 juta dolar AS (Rp10,52 triliun) tahun lalu, di tengah penutupan ketat perbatasan. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs