Sabtu, 20 April 2024

KPU Surabaya Minta Pendaftar PPK Aktif Pantau Email dan SIAKBA

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Petugas dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya saat membuka pendaftaran panitia pemilhan kecamatan (PPK) untuk pelaksanaan Pemilu 2024 di Kantor KPU Surabaya, Minggu (20/11/2022). Foto: Antara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya meminta pendaftar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) aktif memantau email atau surat elektronik dan Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA).

Subairi anggota KPU Surabaya pada Kamis (24/11/2022), mengatakan, pemberitahuan tersebut agar pendaftar PPK dapat mengetahui langsung dan cepat terkait kelengkapan syarat administrasi.

“Sekali lagi saya sampaikan penting untuk selalu memantau perkembangan. Seperti saat ini yang memasuki penelitian administrasi, terus pantau email dan SIAKBA,” kata Subairi sekaligus koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih Parmas dan SDM) KPU Surabaya seperti dikutip Antara.

Jadwal tahapan penelitian administrasi calon anggota PPK Pemilu 2024 akan berlangsung selama 10 hari, sejak Senin (21/11/2022) lalu hingga Kamis (1/12/2022).

Dia melanjutkan, para pendaftar akan mengetahui melalui email masing-masing, terkait syarat yang sudah lengkap atau perlu diperbaiki selama masa tahapan.

Subairi mengatakan, tahapan pengumuman dan pendaftaran PPK Pemilu 2024 sudah berjalan. Sementara, pendaftaran yang telah dibuka sejak Minggu (20/11/2022) lalu akan ditutup sesuai jadwal tahapan yakni Selasa (29/11/2022).

Dia menyampaikan, pendaftar yang sering memantau email dan akun SIAKBA, minimal mengetahui hasil penelitian administrasi para pendaftar. Misalnya ada berkas yang kurang lengkap, harus segera dipenuhi. Begitu juga berkas yang sudah lengkap akan mengikuti petunjuk selanjutnya.

Sementara itu, para calon anggota PPK Pemilu 2024 yang datang ke helpdesk KPU Surabaya selama pendaftaran, cukup banyak. Mereka menanyakan berbagai hal, seperti syarat-syarat pendaftaran, mengalami kendala dalam pendaftaran secara daring. Sehingga pendaftar yang datang ke helpdesk, langsung mendapat bantuan dan panduan dari petugas yang ada di helpdesk.

Khusnul Khotimah salah satu warga yang datang ke kantor helpdesk KPU Surabaya mengaku cukup terbantu. Sebab, informasi yang diperoleh bisa langsung dan terukur. Demikian juga fasilitas penunjang pendaftaran PPK sudah lengkap, seperti komputer, provider jaringan tinggi, printer dan scan juga disediakan.

“Petugas yang ada juga faham komputer dan internet, sehingga sangat membantu saya saat mendaftar PPK melalui SIAKBA,” kata dia.(ant/tik/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs