Jumat, 9 Desember 2022

Mahfud Sebut Penindakan Hukum Tragedi Kanjuruhan Hampir Selesai

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Mahfud MD Menkopolhukam. Foto: Instagram Mohmahfudmd

Mahfud MD Ketua Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan menyatakan penindakan hukum atas peristiwa kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, hampir selesai.

“Ya itu, menurut saya ribut-ribut urusan Kanjuruhan itu, kalau segi yuridis dan penindakan hukumnya sudah hampir dapat dikatakan selesai,” kata Mahfud di Kantor Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Jakarta, Jumat (7/10/2022).

Menko Polhukam menyatakan hal itu karena tersangka tragedi Kanjuruhan yang mengakibatkan 131 korban jiwa sudah ditetapkan enam orang, dan personel polisi sudah dijatuhi sanksi administratif.

“Tersangkanya sudah enam, kemudian yang dijatuhi sanksi administratif, pemindahan, penurunan jabatan dan sebagainya ada 10 dari aparat. Jadi, untuk tanggap daruratnya sudah selesai,” ujar Mahfud, mengutip Antara.

Soal penambahan jumlah tersangka tragedi Kanjuruhan, kata dia, TGIPF tidak bisa mendorong akan ada penambahan jumlah tersangka.

“Saya tidak mendorong munculnya tersangka baru,” kata Mahfud.

Setelah adanya penetapan hukum tersebut, Mahfud melanjutkan, TGIPF akan menggali lebih jauh terkait “penyakit” di tubuh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang selama ini selalu terulang, seperti soal regulasi.

Kemudian, TGIPF akan melaporkan kepada Joko Widodo Presiden dalam bentuk rekomendasi yang bersifat jangka panjang.

“Yang jangka pendek sebenarnya sudah ada jawabannya ya, itu tadi penetapan tersangka, pemecatan, kemudian perintah renovasi stadion di seluruh Indonesia kepada PUPR,” tuturnya.

Hingga saat ini, TGIPF sedang bekerja ke lapangan untuk menemui narasumber dan melihat bukti-bukti fisik serta mencari bukti-bukti fisik yang bisa dibawa di Kanjuruhan.

“Mudah-mudahan nanti hari Selasa (12/10/2022) narasumber utama juga bisa hadir di sini (Polhukam) dan mulai Rabu dan Kamis kami akan konsentrasi menyusun laporan sehingga diharapkan pekan depan selesai,” ujarnya.(ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Jumat, 9 Desember 2022
30o
Kurs