Minggu, 25 September 2022

Malam Ini Burj Khalifa dan Sejumlah Bangunan Ikonik di UEA Bermandikan Cahaya Merah Putih

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Iluminasi cahaya merah putih di Burj Khalifa pada peringatan HUT RI tahun 2020. Foto: Burj Khalifa

Burj Khalifa dan sejumlah gedung ikonik di Uni Emirat Arab (UEA) akan bermandikan cahaya iluminasi merah putih dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia pada Rabu (17/8/2022).

Ada 16 gedung yang akan memancarkan cahaya merah putih di UEA, di antaranya Burj Khalifa, Adnoc Building, Mubadala Tower, Abu Dhabi Muncipality, Alain Municipality, Etihad Arena, Khalifa Unibersity, Abu Dhabi Global Market, Marina Mall, Adnec, Hazaa Stadium, Sheikh Zayed Bridge.

Di Burj Khalifa, Merah Putih akan ‘berkibar’ di gedung tertinggi di dunia tersebut pukul 19.45 waktu UEA atau 22.45 WIB.

Warga Indonesia akan merayakan kemeriahan cahaya Merah Putih dengan mengenakan pakaian bernuansa Merah Putih, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di sekitar gedung-gedung tersebut.

Husin Bagis Duta Besar Indonesia untuk UEA mengatakan, iluminasi Merah Putih di bangunan ikonik UEA bukan kali pertama. Sebelumnya Merah Putih sudah pernah terpancar juga di Burj Khalifa pada tahun 2019 dan 2020.

Ia menjelaskan, ini adalah salah satu bentuk kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Abu Dhabi yang sudah terjalin lama.

“Kita adakan pendekatan dengan Pemerintah Abu Dhabi untuk memasang Merah Putih di gedung mereka yang mewah. Kompensasinya kita akan memasang yang sama tiap tanggal 2 Desember (HUT UEA) di Jakarta. Ini untuk merekatkan kedekatan antar dua negara yang saat ini sangat mesra,” kata Husin saat dihubungi Suara Surabaya, Rabu.

Seperti diketahui, iluminasi cahaya di Burj Khalifa bukan untuk Indonesia saja. Gedung setinggi 828 meter ternyata juga memainkan iluminasi cahaya bendera negara lain yang sedang merayakan hari jadinya. Tercatat ada India, Korea dan Pakistan yang bendera negaranya terpancar di Burj Khalifa pada bulan Agustus tahun ini.

Husin menambahkan, selain iluminasi Merah Putih di gedung ikonik UEA, KBRI Abu Dhabi sudah menyiapkan berbagai acara untuk WNI di sana. Seperti lomba-lomba khas 17 Agustus, Webinar “Membangun Nasionalisme Menuju Indonesia Emas 2045”, Indonesian Film Week, Promosi Indonesia Spice Up The World di Lulu hypermarket, Panggung Gembira, serta Resepsi Diplomatik.

Tujuan diadakannya rangkaian acara ini, kata Husin, adalah untuk memberikan dan mempertahankan rasa cinta Tanah Air WNI di luar negeri meski terpisah budaya dan jarak.

“Kita bikin lomba-lomba ini untuk menyenangkan masyarakat Indonesia yang ada di sini, dan mereka pun bersuka cita dengan berbagai kegiatan yang dibuat KBRI Abu Dhabi,” pungkasnya.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Minggu, 25 September 2022
28o
Kurs