Minggu, 19 Mei 2024

Masyarakat Antusias Ikuti Khitanan Massal IKA Smatrim

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
IKA Smatrim memberikan bingkisan kepada salah satu peserta khitan, Minggu (10/7/2022).Foto : Manda Roosa suarasurabaya.net

Masih dalam momentum peringatan Iduladha 1443 Hijriah, Ikatan Alumni SMA Trimurti (Ika Smatrim) melaksanakan bakti sosial akbar khitanan massal untuk anak yatim dan dhuafa yang berada di wilayah SMA Trimurti.

Masyarakat sekitar menyambut antusias kegiatan khitanan massal ini, sekitar 30 warga sekitar langsung mengikuti khitan yang diselenggarakan di Aula SMA Trimurti, Minggu (10/7/2022).

Syarif Andri Setiawan Kepala Sekolah SMA Trimurti mengatakan jika acara bakti sosial akbar khitanan massal ini berawal dari wujud rasa peduli Extrim 77 bersama Ika Smatrim kepada Masyarakat di wilayah SMA Trimurti.

“Dalam Islam, khitan wajib bagi anak laki-laki namun banyak yang terkendala karena biaya, ditambah lagi pandemi selama dua tahun ini yang membuat anak-anak di sekitar lingkungan sekolah ini tidak bisa segera dikhitan,” jelasnya.

Inilah latar belakang yang akhirnya dilaksanakan khitan massal. Bekerjasama dengan Tim Medis Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam (LKMI) Cabang Surabaya dan dan Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MDKahmi) Surabaya dilaksanakan khitanan massal dengan menggunakan teknik laser.

Salah satu peserta, Yori siswa SMP di kawasan Kebraon, terlihat bahagia saat mengikuti khitan.

”Sebenarnya sudah ingin khitan sejak kelas enam SD tapi belum berani dan sekarang ada kesempatan kapan lagi,” kata Yori yang kini duduk di kelas 2 SMP. Didampingi sang ibunda, Yori terlihat tenang saat di khitan dan diberi apresiasi berupa hadiah oleh tim Ika Smatrim.

Sementara itu, Maztri Indrawanto Ketua Ika Smatrim berharap ke depan, ingin meningkatkan dan mewujudkan semangat kepedulian, terhadap sesama dan meringankan beban saudara-saudara yang membutuhkkan khususnya anak yatim dan dhuafa yang berada di wilayah SMA Trimurti.(man/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
33o
Kurs