Rabu, 17 Juli 2024

Megawati Instruksikan Baguna Bantu Korban Erupsi Semeru

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Awan Panas Guguran Gunung Semeru di Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022). Foto: BNPB

Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDIP memberikan instruksi agar partai segera menurunkan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP dan kebutuhan mendesak dikirim ke warga terdampak.

Hal ini disampaikan Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal DPP PDIP usai memberi sambutan di kejuaraan nasional Ju-jitsu di Yogyakarta, Minggu (4/12/2022). Saat memberi sambutan, Hasto menyebut dia tidak sadar ada panggilan telepon masuk dari Megawati.

“Rupanya Ibu Megawati menelpon saya tadi. Akhirnya, saya langsung menelpon balik Ibu Megawati dan menjelaskan baru selesai mengikuti agenda di Yogyakarta,” kata Hasto melalui keterangan tertulis.

Setelah membuka percakapan, Hasto menceritakan Megawati langsung memberi arahan kepada Partai agar segera ikut membantu warga yang terdampak letusan Gunung Semeru.

“Ibu Megawati berpesan agar segera disiapkan dan dimobilisasi Badan Penanggulangan Bencana PDI Perjuangan Jawa Timur dan agar secara khusus memberi bantuan keperluan untuk ibu dan anak. Serta makanan untuk balita,” sebut Hasto.

“Tanggap darurat, reaksi cepat dan tepat sasaran. Itu yang selalu dipesankan Ibu Mega saat ada kabar bencana,” lanjut Hasto.

Hasto pun langsung menginstruksikan Wasekjen DPP PDIP Sadarestuwati dan Arif Wibowo, anggota DPR sekitar Semeru seperti Sonny Danaparamita, dan pengurus DPD PDIP Jawa Timur termasuk Sekretaris Sri Untari serta Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani agar segera bergerak menjalankan perintah Megawati tersebut.

“Ibu Megawati selalu detail setiap kali memberi arahan. Baguna PDI Perjuangan turun, membantu aksi tanggap darurat atas letusan Semeru ini,” kata Hasto.(iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Rabu, 17 Juli 2024
27o
Kurs