Jumat, 29 Maret 2024

Memperingati Hari Pahlawan, Pemprov Jatim Gratiskan Bus Trans Jatim Seharian

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Suasana di dalam Bus Trans Jatim yang ditumpangi warga di Terminal Porong Sidoarjo, Jumat (19/8/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) menggratiskan Bus Trans Jatim sehari penuh untuk memperingati Hari Pahlawan pada 10 November 2022 mendatang.

“Insyaallah nanti tanggal 10 November 2022, tarif Bus Trans Jatim digratiskan untuk masyarakat. Pembebasan tarif selama satu hari penuh ini merupakan layanan dari Pemprov Jatim untuk memperingati Hari Pahlawan,” jelas Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (7/11/2022).

Orang nomor satu di Jatim itu berharap masyarakat bisa memanfaatkan momen ini semaksimal mungkin. Dengan harapan minat masyarakat menggunakan transportasi umum Bus Trans Jatim akan semakin meningkat sehingga mengurangi kepadatan kendaraan, menjaga keamanan berkendara dan juga tentunya lebih hemat.

“Berdasarkan data Dinas Perhubungan Jatim, untuk saat ini rata-rata pengguna angkutan massal Transjatim ini 3.500-4.000 penumpang per harinya. Dengan adanya pembebasan tarif di Hari Pahlawan ini diharapkan shifting masyarakat dari roda 2 ke angkutan umum bertambah,” harapnya.

Lebih lanjut Khofifah menerangkan, bus Trans Jatim dilengkapi dengan fasilitas keamanan. Di mana setiap armada Bus Trans Jatim telah dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang menunjang keamanan berkendara.

Seperti teknologi AI yang terpasang di beberapa komponen, yang meliputi MDVR, CCTV, driver safety monitoring (DSM), advanced driver assistance system (ADAS), indicator R-Watch, touch panel dan reverse camera.

Perangkat seperti DSM ini dapat memberikan driver behavior analysis untuk memantau perilaku pengemudi agar tidak melakukan pelanggaran selama armada beroperasi.

Begitu juga adanya perangkat ADAS dan indicator R-Watch dapat memberikan peringatan awal jika armada kendaraan terdeteksi menyimpang dari jalur, melewati batas kecepatan atau jika terjadi potensi tabrakan depan.

“Silakan memanfaatkan layanan Bus Trans Jatim. Busnya nyaman dan aman. Juga sudah dilengkapi dengan teknologi yang canggih,” kata Khofifah.

Sebagai informasi, Bus Trans Jatim diluncurkan pada pertengahan Agustus lalu. Sejak itu sebanyak 22 armada bus Trans Jatim beroperasi. Moda transportasi ini berangkat pulang pergi (PP) dari Terminal Porong Sidoarjo, Bus Trans Jatim Koridor I ini melintasi rute tujuan Terminal Purabaya Surabaya di Bungurasih, Sidoarjo, dan berakhir di Terminal Bunder Gresik.

Di hari-hari biasa, Bus Trans Jatim bisa dimanfaatkan masyarakat dengan tarif untuk umum Rp5.000, sedangkan pelajar sekolah atau santri Rp2.500.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs