Jumat, 19 April 2024

Menag: Kuota haji 2023 Kemungkinan Lebih Banyak dari Tahun Ini

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama saat memberikan keterangan pers di Makkah, Sabtu (16/7/2022). Foto: kemenag.go.id

Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama menyebut jika ada kemungkinan kuota haji Indonesia pada 2023 akan lebih banyak dari tahun ini. Hal tersebut berdasarkan informasi dari Menteri Haji Arab Saudi yang dia terima.

“Kuota tahun depan mudah-mudahan informasi yang didapat dari Menteri Haji Saudi ketika saya ketemu beliau pascamina itu insyaa Allah akan lebih banyak dari tahun ini,” kata Menag usai rapat evaluasi penyelenggaraan ibadah haji di Jeddah, Sabtu (16/7/2022) dikutip Antara.

Namun, ia belum dapat memastikan angka pasti kuota tersebu,t meski mengharapkan kuota bisa 100 persen seperti tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19. Gus Men, panggilan akrabnya meyakinkan bahwa ia akan terus intens berkomunikasi dengan pihak Saudi.

Sebagai informasi, pada pelaksanaan haji 2022, Indonesia mendapatkan kuota haji sebanyak 100.051 orang, atau berkurang setengahnya dari 2019 akibat pembatasan dampak dari pandemi Covid-19.

Lebih lanjut Yaqut mengatakan, dalam pertemuan dengan Menteri Saudi itu juga disampaikan bahwa akan ada kuota khusus untuk usia lanjut. “Definisi seperti apa saya belum tahu. Lebih baik kita tunggu saja Pemerintah Saudi,” tambah dia.

Begitu juga dengan biaya haji, diharapkan tahun depan turun sehingga tidak memberatkan jamaah haji.

Tahun ini biaya operasional haji juga membengkak sehingga membutuhkan dana tambahan mencapai Rp1,5 triliun.(ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs