Kamis, 28 Maret 2024

Mendagri Dorong Peningkatan Kualitas Praja IPDN

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Foto: Google

Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri (Mendagri), mendorong upaya untuk meningkatkan kualitas seluruh praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sebelum dinyatakan lulus dari masa pendidikan.

“Kualitasnya harus naik, karena pamong praja ini adalah profesi yang memiliki syarat dan harus dipenuhi,” kata Mendagri di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (17/9/2022) dilansir Antara.

Dia menjelaskan, pembeda antara profesi dan keahlian adalah syarat profesi yang harus memiliki dasar sains dan kewajiban untuk menempuh pendidikan, serta latihan dalam rentang waktu yang panjang.

Selain itu, pamong praja sebagai profesi memiliki berbagai nilai yang terkandung dalam kode etik dan akan menjadi pengontrol saat menjalankan misi pengabdian kepada rakyat, bangsa serta negara.

Sedangkan untuk keahlian, lanjut Tito, tidak diharuskan memiliki ilmu dasar maupun pendidikan serta latihan dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, seluruh praja IPDN yang mendapatkan ilmu disipliner pemerintahan disertai latihan dalam rentang waktu yang panjang harus memiliki kualitas yang baik.

“Kualitas bagus, cara berfikir Praja IPDN itu akan berdasarkan keilmuan, bukan tebak-tebakan dalam mengambil keputusan atau kebijakan,” ujar Mendagri. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs