Jumat, 3 Mei 2024

Mengenal Bambang Susantono, Wakil Menteri Perhubungan Era SBY yang Jabat Kepala Otorita IKN

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Bambang Susantono calon Kepala Otorita IKN. Foto: Instagram bambangsusantono

Joko Widodo Presiden akan melantik Ir. Bambang Susantono, MCP, MSCE, Ph.D dan Dhony Rahajoe sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Kamis (10/3/2022) di Istana Kepresidenan Jakarta pukul 15.00 Wib.

Bambang Susantono yang menjadi Wakil Menteri Perhubungan pada periode tahun 2010-2014, juga pernah menjabat beberapa posisi strategis di Pemerintahan.

Berikut Biodata dan profil Bambang Susantono yang perlu diketahui.

Bambang yang lahir pada 6 November 1963 di Yogyakarta dikenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi, Merupakan lulusan Fakultas Teknik Sipil  ITB pada tahun 1987, dan melanjutakan kariernya sebagai pegawai negeri di Departemen Pekerjaan Umum.

Setelah itu Bambang melanjutkan studinya  di program pascasarjana Universitas California,Berkeley untuk meraih gelar master tata kota dan wilayah dan lulus pada tahun 1996. Bambang meraih gelar MSCE di bidang teknik transportasi pada tahun 1998, dan gelar doktor tahun 2000 di bidang perencanaan infrastruktur di universitas yang sama.

Sebelumnya, Bambang menjabat Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) periode 2004 – 2010 juga bertindak selaku Staf Ahli Menteri Koordinator Perekonomian (saat itu dijabat Boediono sebelum menjadi Wakil Presiden RI) dan Sekretaris Tim Koordinasi Infrastruktur Pedesaan. Bambang diangkat sebagai wakil menteri tahun 2010-2014 di Kabinet Indonesia Bersatu II, pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono Presiden RI ke 6.

Di tingkat Internasional, Bambang menjabat Wakil Presiden Manajemen dan Pembangunan Berkelanjutan Asian Development Bank (ADB) di tahun 2015. Ia menjabat posisi tersebut pada Juli 2015.

Di tengah kesibukan sebagai seorang Wakil Menteri dan jabatan penting lainnya, Bambang juga tercatat aktif sebagai pengajar dan pembimbing disertasi maupun tesis mahasiswa Program Pascasarjana Bidang Ilmu Teknik, Universitas Indonesia. Pada tahun 2012 selama menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan, Bambang  juga pernah merangkap jabatan sebagai salah satu Komisaris Utama PT. Garuda Indonesia, Tbk pada tahun 2012. (bil/rst)

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
28o
Kurs