Sabtu, 20 Agustus 2022

Menhub: Pemudik Lebaran Jalur Udara akan Meningkat Signifikan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan saat memberikan keterenagn press tentang kesiapan Bandara Juanda menerima kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI),Sabtu (25/12/2021). Foto: Istimewa

Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan (Menhub), hari ini, Minggu (24/4/2022), membuka Apel Kesiapan Posko Angkutan Lebaran Tahun 2022, di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Kegiatan itu diikuti pasukan gabungan dari TNI, Polri, serta instansi terkait.

Menhub mengatakan, mudik Lebaran Idulfitri melalui jalur udara tahun ini akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan, seiring penurunan kasus pandemi Covid-19 di Tanah Air.

“Saat ini penumpang meningkat secara signifikan, menandakan bahwa ada dua hal. Yang pertama, telah berkurangnya kasus terpapar Covid-19, dan juga menandai kebangkitan ekonomi di Indonesia,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Sesuai arahan Joko Widodo Presiden, lanjut Budi, seluruh instansi dan petugas terkait harus memberikan pelayanan terbaik supaya pelaksanaan mudik Lebaran berjalan aman dan sehat.

“Tentu yang diamanahkan Pak Presiden harus kita laksanakan dengan sungguh-sungguh,” katanya.

Untuk menjaga mudik Lebaran berjalan aman dan sehat, Kemenhub mendirikan beberapa posko pelayanan publik dengan bermacam fasilitas, seperti fasilitas kesehatan, layanan informasi, dan pengawasan protokol kesehatan.

“Untuk keamanan, tentu sebagai sektor yang sangat utama dengan safety. Mulai dari kesiapan pesawat-pesawat dan menjadi keharusan bagi operator dengan memeriksa sebaik-baiknya dengan melakukan cek and ricek,” ungkapnya.

Kemudian, di sisi lain, Menhub mengungkapkan dari hasil riset yang dilakukan pihaknya, akan ada sekitar 85 juta orang melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Sehingga, jajarannya Kemenhub harus mempersiapkan seluruh kemampuan dalam memberikan pelayanan dan mengamankan di sektor bandar udara setempat.

“Semua petugas pelayanan dan pengamanan bandara harus memberikan layanan yang sopan kepada masyarakat dengan gestur yang bersahabat, begitu juga rekan Basarnas, BMKG tidak kalah pentingnya berperan dalam pengamanan dan pelayanan itu,” tandasnya.

Seperti diketahui, pemerintah sudah memutuskan cuti bersama Hari Raya Idulfitri tanggal 29 April, dan tanggal 4 sampai 6 Mei 2022. Lebaran 1 dan 2 Syawal 1443 Hijriah ditetapkan tanggal 2 dan 3 Mei 2022.

Presiden berharap momen cuti bersama lebaran tahun ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman masing-masing.(ant/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Sabtu, 20 Agustus 2022
30o
Kurs