Kamis, 2 Mei 2024

Menpan RB Tekankan Empat Poin untuk Jalani Reformasi Birokrasi

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Abdullah Azwar Anas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) saat memberi sambutan melalui video dalam acara Jatim Bureaucracy Fest, yang diadakan di Surabaya pada Kamis (27/10/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Abdullah Azwar Anas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) menekankan empat poin untuk menjalani reformasi birokrasi.

“Sesuai dengan arahan bapak presiden, yakni untuk mempercepat hasil reformasi birokrasi, maka ada empat poin. Tentu kita berharap, dengan pesan ini birokrasi bisa berkembang,” ucapnya saat memberi sambutan melalui video dalam acara Jatim Bureaucracy Fest, yang diadakan di Surabaya pada Kamis (27/10/2022).

Pesan pertama yang ia sampaikan yakni, pengentasan kemiskinan yang menjadi poin penting karena menyangkut kesejahteraan masyarakat.

Kemudian, pesan kedua yakni peningkatan investasi yang juga harus mendapat fokus untuk bisa terus ditingkatkan.

“Maka tata kelola, perencanaan, pelaksanaan, terkait dengan pelayanan dan peningkatan investasi harus menjadi fokus,” ujarnya.

Sedangkan, pesan yang ketiga yakni digitalisasi. Ia mengatakan bahwa dunia digital harus menjadi bagian dari reformasi birokrasi karena dapat meningkatkan pelayanan menjadi semakin cepat dan luas.

Kemudian, yang keempat yakni pengendalian inflasi dan mendukung belanja produk dalam negeri yang juga harus ditekankan agar perekonomian Indonesia dalam keadaan baik.

“Kalau empat hal ini tata kelolanya baik, percepatan reformasi birokrasi juga akan berjalan baik,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, ia menegaskan, untuk mencapai reformasi birokrasi diperlukan perbaikan secara menyeluruh agar semua sektor menjadi kuat.

Dalam Jatim Bureaucracy Fest 2022 itu, ia berharap Jawa Timur dapat menjalankan reformasi birokrasi dengan baik, sehingga menjadi lebih baik lagi ke depannya.

“Tentunya, agar Jawa Timur dapat menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain di Indonesia. Inovasi-Inovasi yang ada pada Pemprov Jatim harus terus berjalan,” ujarnya.(ris/red)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs