Sabtu, 20 April 2024

Menparekraf Ingin Fenomena CFW Jadi Seperti Harajuku Jepang

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
menteri-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif-sandiaga-uno-3_169 Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Foto: Kemenparekraf

Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengemukakan keinginannya untuk menyediakan ruang ekspresi fesyen bagi kaum remaja, menyusul fenomena “Citayam Fashion Week” (CFW) di kawasan niaga Dukuh Atas, sekitar Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

“Saya justru ingin memberikan ruang dan peluang bagi mereka ini, bukan hanya menjadi hit atau tren saat liburan sekolah, tetapi bisa seperti Harajuku di Jepang,” kata Sandiaga di Tangerang, Minggu (17/7.2022) malam dikutip Antara.

Untuk diketahui, sekitaran daerah Stasiun Harajuku, Kota Tokyo, telah menjadi pusat budaya dan gaya fesyen ekstrem remaja serta tempat perbelanjaan. Sandiaga mengemukakan, bahwa fenomena CFW dengan berbagai keunikannya bisa menjadi ajang promosi fesyen sekaligus pariwisata.

“Semakin hari semakin menarik karena banyak sekali yang bisa kita ulik dan banyak yang unik. Mereka juga bisa menjadi trendsetter (pencipta tren) untuk fesyen,” katanya.

Fenomena Citayam Fashion Week sendiri, sejauh ini banyak melahirkan influencer baru. Salah satunya pemilik akun instagram @abdullail.mp3 yang sukses memperoleh 16 ribu follower dalam waktu singkat, berkat aksi nyentriknya di CFW.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Abdul Sofi Al’ail (@abdullail.mp3)

Lebih lanjut, Sandiaga ingin remaja-remaja Citayam juga bisa menjadi pemengaruh yang mendukung promosi produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Di sini ada hoodie-hoodie dan ini banyak dipakai anak-anak CFW juga, kenapa tidak kita barengkan dengan misalnya mereka menjadi salah satu influencer (pemengaruh),” katanya.

Menurut dia, kementerian sudah menawarkan beasiswa bagi remaja penggerak CFW yang dinilai telah mendukung pengembangan usaha pariwisata dan industri kreatif.

“Saya memberikan apresiasi, di saat sekarang, di mana ekonomi ini banyak tantangan, tetapi anak-anak muda ini datang dengan beberapa ide kreatif mereka untuk menggerakkan UMKM di sekitar Dukuh Atas itu jadi tumbuh,” kata Sandiaga.

“Selain beasiswa, yang kita tawarkan kepada mereka untuk menciptakan konten-konten berkualitas. Kami ingin suatu saat mereka bisa mendunia,” tambahnya. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs