Sabtu, 27 April 2024

Menparekraf Sebut ‘Vegan Festival 2022’ Jadi Festival Terbesar di Dunia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) saat menghadiri Vegan Festival 2022 di Exhibition Hall Grand City Mall Surabaya, Minggu (11/12/2022). Foto: Kemenparekraf

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengatakan, Vegan Festival 2022 yang dilaksanakan di Exhibition Hall Grand City Mall Surabaya, Jawa Timur, menjadi festival vegan terbesar di dunia.

Event berskala internasional ini mengusung tema “Wonderland Indonesia” yang bertujuan menyosialisasikan pola hidup sehat di kalangan masyarakat.

“Saya ucapkan selamat atas rekor yang dipecahkan, ini adalah festival vegan terbesar di dunia, ini kita bisa mengalahkan negara-negara besar seperti Amerika dan Australia, bahwa Indonesia menyelenggarakan Vegan Festival yang terbesar dari segi luas dan jumlah tenant dan UMKM. Ini menunjukkan bangsa kita sudah mengambil kepemimpinan khususnya di segmen kuliner vegan,” katanya saat menghadiri Vegan Festival 2022, sebagaimana dikutip dari situs resmi Kemenparekraf, Senin (12/12/2022).

Event yang digelar pada 8-11 Desember 2022 ini menjadi gerakan ramah lingkungan untuk mengurangi efek rumah kaca dan perubahan iklim global.

Penyelenggaraan ini selaras dengan program Kemenparekraf, yaitu pariwisata berkelanjutan karena pola makan vegan yang berpengaruh terhadap kesehatan pribadi dan lingkungan.

Makanan diolah secara bersih dan organik sehingga dapat mengurangi eksploitasi produk hewani secara berlebihan dan mengakibatkan ketidakseimbangan ekosistem.

“Kemenparekraf selalu mendukung pengembangan industri kuliner. Sebagai subsektor ekraf, kuliner menyumbang 41 persen dari total PDB ekonomi kreatif pada 2020. Peluang inilah yang harus dimanfaatkan oleh para pemilik UMKM vegan untuk mengolah dan mengembangkan usaha yang menyajikan makanan sehat serta mendukung keberlanjutan lingkungan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sandiaga mengatakan bahwa tren “healthy food” saat ini sedang menjamur di seluruh dunia, termasuk Indonesia khususnya di masa pandemi Covid-19. Apalagi kondisi cuaca saat itu tidak menentu, sehingga masyarakat perlu memperhatikan kandungan nutrisi serta pola makan yang dikonsumsi.

“Menurut penilitian yang berjudul ‘Vegetarian, Vegan Diets and Multiple Health Outcomes’ mengungkapkan bahwa pola makan vegan dapat mengurangi risiko seseorang terkena kanker hingga 15 persen, penyakit jantung, stroke, dan obesitas,” kata Menparekraf.

Sementara itu, Isyak Meirobie Wakil Bupati Belitung sekaligus Penasihat Earth Festival Indonesia 2022 mengatakan, event ini sebagai bentuk komitmen dalam menempatkan posisi kuliner Indonesia semakin tinggi di level internasional.

“Vegan Festival ini merupakan bentuk komitmen Kemenparekraf dengan relawan dan Vegan Society of Indonesia yang dari tahun ke tahun menggaungkan kearifan lokal dan budaya Indonesia yang begitu kaya sehingga bisa menempatkan posisi kuliner Indonesia semakin tinggi di level internasional,” kata Menparekraf.(tik/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs