Jumat, 29 Maret 2024

Menpora: Stadion Penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 Harus Steril dari Kegiatan Apa Pun

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Zainuddin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) saat meninjau Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, pada Sabtu (15/10/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga menyatakan stadion yang telah disetujui FIFA untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 harus steril dari kegiatan apa pun sejak enam bulan sebelum Piala Dunia U-20.

“Itu (konser) pasti tidak boleh. Jadi semua stadion yang sudah terdaftar di FIFA dan disetujui FIFA, November ini akan dimulai direnovasi. Yang sudah selesai (renovasi), stadionnya tidak diizinkan untuk digunakan untuk kegiatan-kegiatan lain,” ucap Zainudin di Wisma Kemenpora, Jakarta, Rabu (2/11/2022) mengutip Antara.

Zainudin juga menyatakan akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait waktu mulai renovasi.

Ia memastikan apabila sudah memasuki tahap renovasi maka stadion tersebut sudah pasti tidak bisa digunakan untuk kegiatan apa pun, termasuk konser dan pertandingan tim nasional.

Zainudin akan menyosialisasikan lagi kepada pemerintah daerah agar stadion-stadion yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 2023 tidak digunakan untuk kegiatan apa pun.

Dalam kesempatan itu pihaknya juga menegaskan perihal Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta yang akan digunakan sederet agenda konser tahun depan, salah satunya konser girl band Korea Selatan, Blackpink.

“Saya bisa memastikan itu (konser) tidak mungkin (digelar). Kami sudah memberikan kesediaan ke FIFA bahwa Jakarta itu stadion utama yang digunakan untuk Piala Dunia U-20,” tandas Zainudin.

Pihak promotor Blackpink telah menyatakan bahwa konser bertajuk Blackpink Born Pink itu akan digelar di Stadium Utama GBK pada 11-12 Maret 2023. Penjualan tiket dibuka mulai 14 November mendatang.

Selain Blackpink, penyanyi solo Raisa juga dijadwalkan menggelar konser tunggal di GBK pada 25 Februari 2023.

Ketika dihubungi Antara, pihak GBK hingga saat ini belum memberikan jawaban mengenai hal ini.

Selain GBK, lima stadion yang juga sudah disiapkan untuk Piala Dunia U-20 adalah Stadion Jakabaring Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali.(ant/dfn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs