Sabtu, 20 Agustus 2022

Meriahkan HUT Surabaya ke-729, Festival Rujak Uleg dan Parade Budaya Akan Kembali Digelar

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Penampilan tim rujak uleg dari Suara Surabaya Media di Festival Rujak Uleg 2019 di Jalan Kembang Jepun Surabaya, Minggu (16/3/2019). Penampilan tahun ini mengangkat tema Mumi Mesir.
Foto: Dokumen suarasurabaya.net

Setelah absen selama dua tahun belakangan, Festival Rujak Uleg dan Parade Bunga bakal digelar lagi untuk memeriahkan hari jadi Kota Surabaya ke 729 pada 31 Mei 2022 mendatang.

“Pemkot akan menggelar kembali Festival Rujak Uleg pada 22 Mei 2022 di Jalan Kembang Jepun,” kata Wiwiek Widayati Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya, Selasa (10/5/2022).

Event yang rencananya diikuti oleh sekitar 700 peserta atau 140 grup itu akan melibatkan UMKM Rujak Cingur dan makanan serta minuman lainnya.

Serangkaian acara dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Pahlawan ini digelar sejak 1 Mei hingga 5 Juni 2022.

Selain itu ia memastikan pemkot juga akan menggelar event yang sangat ditunggu-tunggu jelang HUT Surabaya yaitu Surabaya Vaganza atau Parade Budaya.

“Tahun ini, parade budaya dan pawai bunga itu akan digelar di sepanjang Jalan Tunjungan sampai Alun-Alun Surabaya pada 28 Mei 2022, tepat pukul 15.00 WIB sampai selesai,” tambah dia.

Rencananya, kata Wiwiek, acara ini akan diikuti oleh 25 mobil hias dan rangkaian pawai budaya oleh komunitas dan Fashion Carnival yang nantinya akan melibatkan UMKM di Jalan Genteng Besar dan Tanjung Anom.

Sebelum itu, rangkaian acara ini akan dibuka dengan gelaran Surabaya Shopping Festival yang diselenggarakan pada 1-31 Mei 2022.

Event ini diikuti oleh 38 pusat perbelanjaan di Kota Surabaya, kerjasama pemkot dengan Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI).

Di luar itu, lomba Dayung Perahu Sampan Sprint dan Slalom juga akan memeriahkan rangkaian di tahun ini.

“Event ini akan digelar pada 28 – 29 Mei 2022 di Sungai Kalimas sisi Taman Prestasi. Rencananya, acara ini akan diikuti oleh 60 tim dari Kota Surabaya,” katanya.

Selain itu, masih akan ada banyak acara menarik lainnya untuk menyambut Hari Ulang Tahun Kota

Wiwiek mengajak warga Surabaya dan sekitarnya untuk bersama-sama memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya ke 729 ini.

Namun, ia juga tetap mengingatkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan selama mengikuti berbagai acara ini.

“Jangan sampai ketinggalan eventnya, dan jangan sampai ketinggalan prokesnya,” pungkasnya.(tha/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Sabtu, 20 Agustus 2022
30o
Kurs