Jumat, 29 Maret 2024

Meski Jokowi Tidak Hadir Fisik, Mahfud MD Sebut Pemerintah Ikut Bersemangat dan Dukung R20

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Mahfud MD Menko Polhukam di sela-sela acara R20 di Nusa Dua, Bali, Rabu (2/11/2022). Foto: Istimewa

Mohammad Mahfud MD Menko Polhukam menyebut Pemerintah ikut bersemangat dan mendukung forum Religion of Twenty (R20) yang digelar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersama Liga Dunia Muslim atau Muslim World League (MWL).

Namun, lanjut Mahfud, karena kesibukan persiapan pelaksanaan G20 yang tinggal beberapa hari ini, Joko Widodo Presiden secara mendadak tidak bisa hadir dalam pembukaan R20.

“Saya tahu Pak Presiden sudah lama merencanakan hadir di sini, tapi sebagai tuan rumah G20 beliau tiba-tiba selalu ada acara dan kegiatan yang menyebabkan agenda yang direncanakan seperti ini tidak jadi,” kata Mahfud usai acara pembukaan R20 di Ballroom Grand Hyatt Nusa Dua, Bali, Rabu (2/11/2022).

Meski Presiden tidak hadir secara fisik, Mahfud menegaskan bahwa sambutan Presiden yang disampaikan secara virtual merupakan sambutan resmi.

“(Sambutan Presiden) itu atas nama pemerintah untuk acara ini,” kata Mahfud.

Mahfud mengaku bersyukur dan bangga karena Indonesia memiliki Nahdlatul Ulama organisasi Islam terbesar di dunia, yang mengambil inisiatif untuk mengadakan forum R20 yang membicarakan perdamaian antaragama.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini pun berharap forum ini bisa memunculkan kesatuan kemanusiaan.

“Bahwa apa pun agamanya, seperti apa pun rasnya, di mana pun tempatnya manusia itu harus bersaudara membangun kemajuan bersama,” ujarnya.

Sementara itu, Erick Thohir Menteri BUMN mengaku ditugaskan oleh Pemerintah untuk mendukung pelaksanaan forum R20. Sebelumnya, BUMN juga mendukung pelaksanaan Music Twenty (M20). Baik R20 maupun M20 adalah dua agenda besar Indonesia menjelang pelaksanaan G20.

“Kita (pemerintah) ingin memastikan pelaksanaan G20 ini tidak hanya bicara pemerintah dan pemerintah, tokoh dan tokoh dari kepemimpinan nasional, tetapi melibatkan masyarakat kepada masyarakat,” jelasnya.

Yang menjadi kebanggaan, menurut Erick, tidak ada negara lain G20 sebelum Indonesia yang melaksanakan Religion Twenty dan Music Twenty. Oleh karena itu, ia akan terus mendorong inisiatif yang digagas dari Indonesia ini bisa terus terlaksana di setiap event G20 selanjutnya.

Ratusan Delegasi dari berbagai Negara ini akan berada di Bali hingga tanggal 3 November 2022. Kemudian sebagai bagian dari rangkaian R20, delegasi akan diterbangkan ke Yogjakarta pada 4 November 2022 untuk mengunjungi ke sejumlah tempat, di antaranya ke Candi Prambanan dan Borobudur.

Sejumlah pejabat Negara menghadiri pembukaan forum Religion of Twenty (R20) pada Rabu (2/11/2022) pagi. Mereka masing-masing Muhadjir Effendy Menko PMK, Mahfud MD Menkopolhukam, Erick Thohir Menteri BUMN, dan Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama.

Forum R20 digelar PBNU bersama Liga Muslim Dunia atau Muslim World League (MWL) di Nusa Dua, Bali, pada 2-3 November 2022, diikuti 264 partisipan dari 32 negara.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs