Sabtu, 10 Desember 2022

Mobil yang Dipakai WNA Kabur dari Rudenim Ditemukan di Masjid Belakang Pos Polisi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Mobil dinas berpelat merah, berjenis Chevrolet Orlando warna hitam metalik dengan Nopol N 1030 SP yang digunakan WNA asal Palestina melarikan diri dari Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya di Raci, Kabupaten Pasuruan, Minggu (2/1/2022) sekitar pukul 12.30 WIB. Foto: Yulius Kristanto Adibowo via WA SS

Mobil dinas yang digunakan seorang deteni (orang asing penghuni rudenim) asal Palestina untuk melarikan diri dari Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya di Raci, Pasuruan telah ditemukan keberadaannya pada Minggu (2/1/2021) petang.

Ipda Bambang Humas Polres Pasuruan Kota mengatakan, mobil dinas berpelat merah, berjenis Chevrolet Orlando warna hitam metalik dengan Nopol N 1030 SP itu ditemukan di Masjid Hidayatullah Karang Ketug, Gadingrejo, Pasuruan.

Masjid ini berada tepat di belakang Pos Polantas Unit Lalu Lintas Polsek Gadingrejo, satu jalur menuju ke arah alun-alun.

Lokasi ini hanya berjarak 6,8 kilometer dari Rudenim. Jika ditempuh dengan mobil hanya perlu waktu selama 10 menit.

Sebelumnya, seorang pria berwarga negara Palestina, eks warga binaan Lapas Jakarta, kabur dan mencuri mobil dinas Kepala Imigrasi Raci dari Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya di Raci, Kabupaten Pasuruan, Minggu (2/1/2022) sekitar pukul 12.30 WIB.

Endra Adi Kasi Kantip Rudenim Raci mengatakan, pelaku masuk ke Rudenim tanggal 17 Desember 2021 dan sedang menunggu klarifikasi dari negara asal untuk dipulangkan.

Jaya Saputra Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim dalam keterangan tertulis menjelaskan, pelaku melarikan diri saat petugas hendak melakukan penguncian blok hunian. Awalnya situasi kondusif dan aman, tapi beberapa saat kemudian, deteni asal Palestina itu mengambil jemuran dan tiba-tiba lari keluar blok dan berusaha mengambil motor petugas.

Saat perebutan motor, terjadi perkelahian antara pelaku dan petugas. Pelaku berhasil lari ke pintu depan lalu merusak tempat penyimpanan kunci mobil. Dia lalu mengambil mobil yang ada di garasi dan melarikan diri dengan menabrakkan mobil berkali-kali ke pintu pagar. “Saat ini kami telah berkoordinasi dengan kepolisian maupun TNI untuk pencarian,” kata Jaya.(iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Sabtu, 10 Desember 2022
32o
Kurs