Kamis, 25 Juli 2024

NASA Abadikan Pillars of Creation Lewat Teleskop Webb

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pilar Penciptaan (Pillars of Creation) yang ikonik lewat Teleskop Luar Angkasa James Webb, Rabu (19/10/2022). Foto: Antara

NASA berhasil mengabadikan foto Pilar Penciptaan (Pillars of Creation) yang ikonik lewat Teleskop Luar Angkasa James Webb pada Rabu (19/10/2022), lokasi di mana terbentuknya bintang-bintang baru di dalam awan gas dan debu yang padat.

NASA mengatakan pilar-pilar tiga dimensi itu terlihat seperti formasi bebatuan yang megah, tetapi jauh lebih permeabel.

Berdasarkan keterangan yang dikutip Antara pada Kamis (20/10/2022), kolom-kolom ini terbentuk dari gas dan debu antar bintang dingin yang tampak semitransparan dalam cahaya inframerah.

NASA juga mengatakan potret terbaru Pillars of Creation dari teleskop Webb tersebut, yang pertama kali menjadi terkenal ketika gambarnya diabadikan oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble milik NASA pada 1995, yang akan membantu para peneliti mengubah model pembentukan bintang mereka dengan mengidentifikasi jumlah yang jauh lebih akurat dari bintang-bintang yang baru terbentuk, serta kuantitas gas dan debu di daerah tersebut.

Sekadar diketahui, Teleskop Luar Angkasa James Webb adalah observatorium ilmu luar angkasa terkemuka di dunia.

NASA menyebutkan bahwa Webb akan memecahkan banyak misteri di tata surya, melihat melampaui dunia yang berada jauh di sekitar bintang-bintang lain, dan menyelidiki struktur misterius dan asal-usul alam semesta kita dan tempat kita di dalamnya.

Webb merupakan program internasional yang dipimpin oleh NASA bersama Badan Antariksa Eropa (European Space Agency) dan Badan Antariksa Kanada (Canadian Space Agency).(ant/rum)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Kamis, 25 Juli 2024
31o
Kurs