Selasa, 30 April 2024

Navy Jazz Traffic Festival Digelar di VNR Lawang, Hadirkan Sensasi Nge-Jazz di Atas Bukit

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Kampoeng Navy di Villa Navy Residence lokasi digelarnya Navy Jazz Traffic Festival 2022 yang bakal digelar 14 Mei 2022. Foto: Panitia NJTF

Suara Surabaya (SS) Media berkolaborasi dengan Koarmada II TNI Angkatan Laut menggelar Navy Jazz Traffic Festival pada 14 Mei 2022 mendatang.

Navy Jazz Traffic Festival (NJTF) kali ini memilih tempat di kawasan pegunungan di Villa Navy Residence (VNR), Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur .

Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto Panglima Komando Armada II mengatakan, Navy Jazz Traffic Festival adalah salah satu cara untuk membangkitkan industri musik dan ekonomi akibat hantaman pandemi Covid-19.

“Radio SS mengajak Koarmada II untuk berkolaborasi dengan cara mendekatkan diri agar musik lebih bergeliat lagi dan akan mendatangkan pemusik ternama Indonesia, sekaligus untuk memamerkan kepada mereka ada tempat yang pantas untuk dikunjungi yaitu di Villa Navy Residence di Lawang,” ujarnya.

“Dengan adanya NJTF sekaligus kita ingin men-declare bahwa kita tidak pernah berhenti berinovasi untuk meningkatkan musik dengan berbagai cara, walaupun terkungkung dalam pandemi Covid-19 yang belum selesai,” imbuhnya.

Villa Navy Residence (VNR) derada di Ketindan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur merupakan kawasan pegunungan sejuk untuk lokasi digelarnya NJTF 2022. Foto: Panitia NJTF

Saat tim Suara Surabaya berkunjung ke sana, suasana alam di sana kental terasa. Udara sejuk dan segar di ketinggian VNR cocok jadi jujugan wisata keluarga yang ingin menikmati sejuknya alam dan segarnya udara dengan pemandangan pegunungan.

Masih di satu area yang sama dengan Villa Navy Residence, ada Kampoeng Navy yaitu penginapan dengan nuansa cottage yang bisa disewa oleh pengunjung dan Pindan Cafe yang mengusung konsep kafe kekinian.

Pindan Cafe di NVR yang menyiapkan makanan khas juga bernuansa navy, di antaranya sajian Mie KRI. Foto: Panitia NJTF

Tidak hanya menyuguhkan pertunjukkan musik, Iwan mengatakan, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga akan diajak untuk berpartisipasi agar tercipta perputaran rupiah untuk mereka juga.

“Kita punya tempat di sana untuk UMKM. Kita mengajak UMKM yang punya kemampuan akan disediakan tempat, agar bisa menjajakan apa yang dimiliki dan pengunjung bisa menikmati. Dari situ akan tercipta perputaran rupiah untuk meningkatkan perekonomian. Yang paling utama UMKM bisa punya keuntungan lebih dari sebelumnya,” ujarnya.

Sarana untuk UMKM tersebut adalah Food Traffic, yang penamaannya terinspirasi dari Food Traffic yang ada di Suara Surabaya Centre (SSC).

Food Traffic di VNR merupakan sarana yang disediakan usaha kecil menengah warga sekitar VNR agar bisa merasakan pertumbuhan ekonomi kawasan sekitar.

Wisata Edukasi di Kampoeng Navy VNR mengenalkan tentang Angkatan Laut Dunia ditunjukkan melalui representasi nama-nama Cottage-nya. Foto: Panitia NJTF

Kolonel Laut (S) Nanda Cahyono Pribadi Kepala Primkopal Koarmada II menambahkan, Kampoeng Navy merupakan kawasan wisata baru pilihan bagi masyarakat Jawa Timur. Jarak tempuhnya hanya sekitar 45 menit dari Surabaya.

“Wisata edukasi yang mengenalkan tentang Angkatan Laut Dunia dengan ditunjukkan melalui representasi nama-nama cottage-nya, ada US Navy Room Cottage, Royal Navy Room Cottage, Indonesian Navy House, Navy Cottage,” kata Kolonel Nanda.

Selain itu semua sarana dirancang dengan nuansa navy, bisa dilihat dengan adanya miniatur Menara Eiffel dan Kincir Angin Belanda.

Ada juga cafetaria bernama Pawon Navy yang menyediakan di antaranya masakan yang biasa disajikan untuk tentara Angkatan Laut.

“Terdapat Pindan Cafe yang menyiapkan makanan khas bernuansa Navy. Salah satunya adalah sajian Mie KRI (Kapal Republik Indonesia) yang biasa disajikan oleh juru masak Kapal Perang RI. Mie ini otentik dengan sajian persis baik rasa maupun toping yang disajikan, sehingga menjadikan daya tarik selera tersendiri bagi pengunjung untuk menikmatinya,” ujarnya.

Untuk diketahui di Navy Jazz Traffic Festival,  nantinya juga ada berbagai bentuk acara, antara lain gelar produk UMKM  Jawa Timur, pameran Alutsista TNI AL, demonstrasi Aeorobatik Bonanza Puspenerbal, dan demonstrasi penerjunan pasukan khusus TNI AL.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
33o
Kurs