Jumat, 19 April 2024

Negara-Negara Eropa Kompak Tutup Wilayah Udara bagi Pesawat Rusia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Aeroflot, maskapai Rusia. Foto: Wikipedia

Sejumlah negara di Eropa pada Minggu (27/2/2022) dilaporkan akan menutup wilayah udaranya bagi pesawat-pesawat Rusia sebagai respons atas invasi negara itu di Ukraina.

Finlandia sedang bersiap menutup wilayah udaranya, kata Timo Harakka Menteri Transportasi dan Komunikasi. Kemungkinan aksi balasan Rusia akan sangat merugikan maskapai Finlandia, Finnair, yang strategi utamanya adalah terbang dari Eropa menuju Asia melalui Rusia.

Sejumlah negara Eropa seperti Lithuania dan Latvia juga mengatakan bahwa mereka melarang maskapai Rusia melintasi wilayah udaranya, lapor Antara.

Sementara Jerman juga bersiap melakukan hal serupa.

Republik Ceko juga akan menutup wilayah udara mereka bagi maskapai Rusia mulai Minggu. Langkah itu memperluas larangan operasi maskapai Rusia di bandara Ceko, seperti yang diumumkan pada Jumat.

Belanda juga akan mengikuti jejak negara lain di Eropa mulai Minggu malam, menurut Menteri Infrastruktur Mark Harbers.

“Tidak ada tempat di wilayah udara Belanda untuk rezim yang melakukan kekerasan brutal dan tidak perlu,” kata Harbers di akun Twitter. “Oleh karena itu Belanda bersiap menutup wilayah udaranya untuk pesawat Rusia malam ini.”(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs