Rabu, 1 Februari 2023

Operasi SAR Kapal Terbakar di NTT Libatkan Keluarga Korban Hilang

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Petugas SAR membawa kantong jenazah korban kecelakaan KM Cantika Express 77 di Pelabuhan Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin (24/10/2022). Foto: Antara

Operasi pencarian yang dilakukan tim SAR Kantor Basarnas Kupang terhadap 20 orang penumpang Kapal Cepat Cantik Express 77, yang terbakar di perairan Naikliu, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), ikut melibatkan keluarga para korban.

“Beberapa keluarga para korban yang masih hilang ikut serta dalam operasi pencarian terhadap para korban bersama tim SAR,” kata I Putu Sudana Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Sabtu (29/10/2022) dikutip Antara.

Ia menjelaskan, sesuai data yang diterima Basarnas Kupang masih terdapat 20 orang penumpang yang masih dinyatakan hilang dan ikut dalam pelayaran dengan kapal cepat Cantika Expres.

Menurut dia, operasi pencarian yang juga diikuti para keluarga para korban pada hari kelima itu, belum menemukan kemajuan. “Sampai hari ini juga masih nihil belum ada tanda-tanda korban ditemukan,” katanya.

Ia menjelaskan, fokus pencarian terhadap para korban yang masih dinyatakan hilang telah diperluas hingga ke wilayah perairan Pulau Semau dan Teluk Kupang, dengan mengerahkan unsur Kapal Negara Antareja dan RIB 10 Kupang.

Dikatakannya, sesuai aturan Basarnas melakukan operasi pencarian terhadap para korban hanya tujuh hari sejak peristiwa kebakaran Kapal Cepat Cantika Expres 77 terjadi. Artinya, pencarian dilakukan hingga hari Minggu (30/10/2022) besok.

“Kami tentu melakukan evaluasi apalah masih memungkinkan melanjutkan operasi pencarian atau tidak. Evaluasi dilakukan melibatkan semua pihak terkait dalam operasi pencarian ini,” pungkas I Putu Sudayana. (ant/bil/iss)

Berita Terkait