Kamis, 25 April 2024

Orang Tua Sebagai Pahlawan Perangi Konten Negatif, Harus Catch Up Pekembangan Teknologi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi anak-anak bermain gadget. Foto: iStock

Memerangi dampak konten negatif sudah seharusnya jadi tugas utama orang tua sebagai sosok pahlawan pertama bagi anak-anak, khususnya di era pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini.

Apalagi, pasca pandemi Covid-19 selama hampir tiga tahun terakhir, porsi anak-anak menggunakan gadget meningkat lebih dari tahun-tahun sebelumnya.

Igak Satrya Wibawa Dosen Komunikasi Universitas Airlangga (Unair) pada Radio Suara Surabaya, Kamis (10/11/2022) mengatakan, orang tua sudah seharusnya catch up (mengejar) dengan perkembangan teknologi. Tidak boleh, kata dia, kalau orang tua beralasan tidak memiliki waktu yang cukup untuk melaksanakan peran tersebut.

“Kalau kena masalah, bukan mereka (anak-anak) yang harus kita salahkan, tapi kita sebagai orang tua. Kemana kita saat mereka butuh pendampingan agar tidak terkena masalah, itu persoalannya,” ujar Igak dalam program Wawasan.

Terkait fenomena mengelabuhi batasan umur untuk mendaftar ke sebuah sosial media (sosmed) yang sering terjadi, lanjutnya, sebenarnya juga juga jadi tanggung yang harus diemban orang tua agar tidak selalu terjadi.

“Itu artinya, platform kasih tanggung jawab ke kita. Karena platform sosmed itu cenderung sifatnya boarderless (tanpa batasan) dan susah diatur meskipun sudah mengikuti regulasi suatu negara,” ujarnya.

Igak yang juga Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Singapura itu menyebut, ada empat langkah yang sebenarnya bisa dilakukan orang tua untuk mengantisipasi anak terpapar konten negatif.

Pertama, tegas melarang anak untuk mengakses platform/sosmed yang belum sesuai dengan umurnya. Kedua, melakukan sharing account untuk mengetahui aktivitas mereka di dunia maya.

“Jadi sharing account ini perlu. Semisal di Instagram, kita tahu siapa yang mereka follow dan jejak pencarian mereka ini habis cari siapa saja,” terangnya.

Selanjutnya yang ketiga, sebisa mungkin orang tua melakukan pendampingan saat anak sedang browsing (melakukan) internet. Dalam hal ini, orang tua bisa membekali dan mengarahkan anak-anak untuk mengakses website legal yang sifatnya mengedukasi.

Kemudian untuk langkah terakhir, yakni orang tua sebisa mungkin memberikan batasan jam pada anak untuk bermain gadget.

“Jadi semisal waktunya anak tidur, usahakan jangan kasih gadget. Catch down itu harus. Kalau memang tidak bisa melakukan empat langkah itu, mungkin opsi paling buruk ya shut down akses gadget untuk mereka,” pungkasnya. (bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs