Jumat, 1 Juli 2022

Pakar Sebut Data Jumlah Pulau di Jawa Timur Belum Sinkron

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi Pulau Tabuhan, Banyuwangi. Foto: Oki Lukito Ketua Forum Masyarakat Kelautan, Maritim dan Perikanan

Oki Lukito Ketua Forum Masyarakat Kelautan, Maritim dan Perikanan menyebut, data jumlah pulau di Provinsi Jawa Timur di kementerian dan dinas belum sinkron.

“Dari hasil pertemuan Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur (DPK) dengan Kemendagri pada Februari tahun 2022, berdasarkan analisa data hasil perhitungan tahun 2020, Jatim untuk sementara ditetapkan memiliki 504 pulau,” terangnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/4/2022).

Akan tetapi setelah data Kemendari tersebut di cek silang dengan data hasil survei interen DKP terbaru, dengan melihat citra satelit dan view existing muka bumi, jumlah pulau di Jatim masih ada perbedaan, totalnya berkisar antara 504 sampai dengan 596 pulau.

“Sampai saat ini soal kepastian jumlah pulau belum menemukan titik temu. Padahal data tersebut sangat penting, semua provinsi di Indonesia saat ini tengah menyiapkan materi teknis revisi Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau Pulau Kecil (RZWP3K) untuk diintegrasikan ke Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) termasuk data  panjang garis pantai dan luas laut,” jelasnya.

“Info terakhir seluruh provinsi  di Indonesia diminta menggunakan data gazetir,” tambah Oki Lukito.

Ilustrasi Pulau Gili Pandan, Kecamatan Gili Genting, Kab. Sumenep. Foto: Oki Lukito Ketua Forum Masyarakat Kelautan, Maritim dan PerikananSebagai Informasi, data gazetir merupakan hasil analisa data dari BIG, BRIN dan beberapa unit pengolah data lainnya yang dikeluarkan oleh Kemendagri dalam hal ini Direktorat Batas Wilayah dan Topomini  dengan menggunakan data geografis dan oceanologi sebagai pedoman. Pijakan hukumnya Peraturan Pemerintah (PP) No 21 Tahun 2021 tentang Peneyelenggaraan Penataan Ruang implementasi dari UU Cipta Kerja.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia pada tahun 2021, Indonesia memilkiki total 16.766 pulau. Pulau terbanyak berada di kawasan Indonesia Timur, tepatnya di wilayah Maluku dan Papua dengan jumlah 7.235 pulau. Sementara untuk wilayah Sumatera menduduki peringkat kedua dengan total 3.705 pulau, diikuti wilayah Sulawesi 3.042 pulau, Bali dan Nusa Tenggara 1.037 pulau, serta Kalimantan 915 pulau.(bil/iss)

Berita Terkait

Surabaya
Jumat, 1 Juli 2022
28o
Kurs