Sabtu, 20 Agustus 2022

Pecinta Anggrek Berbagi Tips Merawat Tanaman Sultan di Hall Suara Surabaya Center

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Jenis anggrek bulan yang dipamerkan oleh SOBAT PAI di Hall Suara Surabaya Centre, Kamis (30/6/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Surabaya Orchid Be Great Perhimpunan Anggrek Indonesia, atau yang dikenal SOBAT PAI akan mengajak masyarakat pecinta anggrek se Surabaya Raya untuk berbagi tips dan cara merawat anggrek di Hall Suara Surabaya Centre mulai 30 Juni-3 Juli 2022 dari pukul 09.00 sampai 21.00 WIB.

Unggul Riyadi Ketua Panitia Pameran Anggrek SOBAT PAI menyampaikan dalam gelaran acara tersebut akan ada bazar, kontes anggrek, tukar menukar anggrek, hingga workshop dan pelatihan anggrek.

“Jawa Timur dan Kota Surabaya ini adalah daerah yang sangat banyak entitas pecinta anggreknya. Sehingga event ini bisa jadi ajang untuk saling berbagi ilmu dan cara merawat anggrek khususnya di daerah dataran rendah,” kata Unggul Riyadi kepada Radio Suara Surabaya, Rabu 29/6/2022).

Unggul melanjutkan, dalam event kali ini pihaknya menggelar delapan kali talkshow selama empat hari di Hall SSC. Dalam talkshow tersebut, SOBAT PAI akan membagikan tips perawatan anggrek, agar rajin berbunga. Termasuk di wilayah dataran rendah.

Selain rangkaian workshop, masyarakat juga bisa mengikuti pelatihan anggrek. Unggul mengatakan dalam pelatihan itu pengunjung yang datang akan diajari cara menyilangkan tanaman anggrek.

Keseruan lain juga bisa dirasakan oleh pengunjung untuk mengikuti kontes dan tukar menukar anggrek. Bagi masyarakat yang baru memelihara aggrek juga tidak perlu khawatir karena SOBAT PAI juga menyediakan klinik untuk berkonsultasi seputar perawatan anggrek.

Dwi Nandang Pangestu Koordinator Bidang Keuangan Sobat PAI, dirinya mengatakan ada ribuan jenis anggrek memiliki karakter yang berbeda-beda.

“Ada anggrek yang suka air, ada yang suka kering, kemudian ada yang hanya bisa tumbuh di dataran tinggi. Namun kita yang tinggal di dataran rendah juga tidak menutup kemungkinan untuk bisa mempunyai anggrek yang cantik dan rajin berbunga,” jelas Pangestu.

Pangestu mengatakan, untuk merawat anggrek di daerah seperti Kota Surabaya perlu beberapa treatment khusus, diantaranya intensitas penyiraman air dan tata letak anggrek itu sendiri. Sarannnya sebaiknya mengaitkan anggrek di dekat pohon.

“Selain itu, saya menyiram anggrek dengan air hasil rebusan kulit bawang dan leri (air beras). Itu bisa membantu anggrek untuk cepat berbunga,” imbuhnya.

Pangestu mengatakan, gelaran pameran anggrek yang berlangsung di Hall Suara Surabaya Centre ini merupakan yang pertama kali sejak terakhir diadakan pada Tahun 2006.

SOBAT PAI sendiri adalah komunitas pecinta anggrek yang terbentuk sejak 1955,  dan hingga kini masih eksis melakukan berbagai kegiatan.

“Anggrek adalah tanaman yang abadi, sejak dulu selalu ada penggemarnya. Walau jaman berganti anggrek tetap dicintai, kunci merawatnya adalah sabar dan teliti,” jelas Pangestu.(wld/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Sabtu, 20 Agustus 2022
30o
Kurs