Jumat, 29 Maret 2024

Pelindo 3 Menerima 275 Ribu Pemudik Pada Tahun 2022

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Suasana penumpang mudik tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Terminal Gapura Surya Nusantara. Foto: Wildan suarasurabaya.net

Ardhy Wahyu Basuki Regional Head 3 Pelindo menyampaikan bahwa terdapat kenaikan yang cukup signifikan pada momen mudik di tahun 2022,  khususnya di wilayah PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 3.

“Sejumlah terminal kita mengalami kenaikan arus penumpang yang cukup signifikan bahkan pada tujuh hari setelah lebaran ini, arus penumpang naik empat kali lipat dibanding lebaran tahun lalu,” ujar Ardhy Wahyu Basuki, Selasa (11/5/2022).

Di sejumlah terminal penumpang PT Pelindo peningkatan tercatat lebih dari 275 ribu orang. Angka itu meningkat 410 persen dibanding lebaran tahun 2021 lalu yang hanya mencapai 53.186 orang.

Rekapitulasi data tersebut terhitung semenjak dimulainya arus mudik lebaran yaitu pada 15 hari sebelum lebaran (H-15) hingga 7 hari setelah lebaran (H+7).

Ardhy Wahyu mengatakan, peningkatan jumlah penumpang ini didominasi terjadi di beberapa terminal penumpang utama di bawah pengelolaan Pelindo Regional 3.

Di antaranya adalah terminal penumpang Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak yang dan terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Ardhy Wahyu mengatakan, peningkatan penumpang ini dipicu karena pelonggaran aturan perjalanan jauh yang dilakukan oleh pemerintah.

Kendati demikian, pihaknya telah mengantisipasi dengan berkordinasi ke berbagai pihak seperti kepolisian dan KSOP setempat.

Kemudian menyiapkan sejumlah Pos Pengaman Idul Fitri di sejumlah terminal penumpang, guna menjamin kenyamanan, keamanan, dan keselamatan penumpang.

Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan dalam kunjungan kerjanya di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, pada Sabtu (7/5/2022) menyampaikan bahwa diizinkannya kembali kegiatan mudik disambut sangat antusian oleh masyarakat.

Hal itu terbukti degan peningkatan jumlah pemudik jalur laut yan meningkat 4 kali lipat dari tahun sebelumnya. Menhub juga mengapresiasi atas kesiapan dan kesigapan sejumlah pihak terutama Pelindo sebagai operator pelabuhan yang telah mengantisipasi lonjakan signifikan pemudik.

“Seluruh penumpang merasa sangat nyaman dalam mudik melalui jalur laut ini baik selama perjalanan di dalam kapal maupun di terminal dan pelabuhan. Terimakasih saya ucapakan kepada seluruh pihak yang telah berkoordinasi menyiapkan segala sesuatunya hingga berjalan lancar,” jelas Budi Karya Sumadi Menhub.

Sebelumnya dalam rangka menjamin keamanan dan kelancaran arus mudik jalur laut, Pelindo Regional 3 telah menyiapkan berbagai fasilitas umum di 20 terminal penumpang di bawah pengelolaannya. Hal tersebut guna menunjang kelancaran arus mudik 2022.(wld/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs