Jumat, 3 Februari 2023

Pelindo Siapkan 3.600 Karung Pasir Atasi Tanggul Jebol di Semarang

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Banjir rob di kawasan Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Senin (23/5/2022. Foto: Antara

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 3 Semarang menyiapkan sebanyak 3.600 karung pasir untuk memperbaiki tanggul jebol di salah satu kawasan industri di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang akibat luapan air rob.

Karlinda Humas Pelindo 3 Semarang saat dihubungi Suara Surabaya, Selasa (24/5/2022) mengatakan karung pasir tersebut akan disiagakan di lokasi tanggul jebol.

“Di Pelabuhan Tanjung Mas mulai kemarin sampai saat ini berupaya menjaga agar luapan air rob tidak seperti kemarin. Kita sudah menyiapkan 3.600 karung pasir untuk memperbaiki tanggul jebol di salah satu kawasan industri di pelabuhan,” ujarnya.

Selain itu, langkah antisipasi lain yang dilakukan Pelindo adalah mengoptimalkan pompa air dengan kapasitas 8.000 liter per detik yang disebar di sejumlah titik di Pelabuhan Tanjung Mas.

Karlinda menambahkan, kegiatan operasional di area Pelabuhan Tanjung Mas saat ini sudah kembali berjalan karena dermaga sudah kering.

Banjir rob, kata Karlinda, terjadi secara bertahap sejak hari Senin (23/5/2022) sore kemarin.

“Air (rob) naiknya bertahap cuma memang cepat dan deras alirannya, saking derasnya sampai tanggul tidak kuat menahan air sejak kemarin siang. Sampai puncaknya jam 3-4 sore arus mulai deras. Pompa kami sudah langsung berjalan. Alhamdulilah tadi pagi sudah mulai surut,” pungkasnya.(dfn/ipg)

Berita Terkait