Jumat, 26 April 2024

Pembangunan Fisik Tuntas, RSUD Sidoarjo Barat Mulai Beroperasi Maret Mendatang

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Gus Muhdor Bupati Sidoarjo saat meninjau pembangunan RSUD Krian atau RSUD Sidoarjo Barat didampingi para pejabat dinas terkait, Selasa (4/1/2022). Foto: Humas Pemkab Sidoarjo

Pembangunan fisik gedung dan instalasi penunjang Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo Barat dinyatakan tuntas. Targetnya, rumah sakit itu mulai beroperasi terbatas pada Maret 2022 mendatang.

Bupati yang akrab disapa Gus Muhdor itu mengaku cukup puas dengan hasil pembangunan rumah sakit itu saat meninjau ke lokasi didampingi para pejabat dinas terkait, Selasa (4/1/2022).

Pengerjaan konstruksi menurutnya sudah selesai. Tinggal penuntasan beberapa hal seperti pembersihan sisa-sisa konstruksi, serta pemasangan daun pintu dan jendela beberapa ruangan.

Selain itu juga masih diperlukan pengecatan di beberapa titik bangunan, serta pemasangan dua unit elevator dari total lima unit yang harus dipasang.

“Minggu ini semuanya akan selesai untuk pengerjaan fisik,” ujarnya.

Gus Muhdor Bupati Sidoarjo saat meninjau pembangunan RSUD Krian atau RSUD Sidoarjo Barat didampingi para pejabat dinas terkait, Selasa (4/1/2022). Foto: Humas Pemkab Sidoarjo

Dia optimistis target penuntasan bangunan itu bisa tercapai karena sejumlah organisasi perangkat daerah terkait di dalam Tim Percepatan Pembangunan dia kerahkan.

Selanjutnya, Tim Percepatan RSUD Sidoarjo Barat itu juga dia minta fokus melengkapi alat kesehatan dan sumber daya manusia (SDM) selama tiga bulan ke depan.

“Maret ini kita akan adakan soft launching untuk RSUD Krian. Paling tidak sudah bisa melayani masyarakat meski baru layanan rawat jalan. Targetnya bulan Juni nanti bisa dibuka semua layanan secara penuh,” ujar Muhdlor.

Keberadaan RSUD Sidoarjo Barat atau RSUD Krian itu dia tekankan harus berdampak pada masyarakat. Salah satunya, penyerapan SDM tenaga kerja agar memprioritaskan warga Krian dan sekitarnya.

Selain itu, tujuan utama beroperasinya rumah sakit itu, Gus Muhdlor ini agar pemerataan akses kesehatan terjangkau bagi seluruh masyarakat Sidoarjo bisa tercapai dengan keberadaan RSUD itu.

“Jadi tidak ada lagi warga Sidoarjo, khususnya di wilayah Barat seperti Krian, Tarik, Balongbendo, Wonoayu, Prambon yang harus menempuh jarak terlalu jauh untuk mendapat fasilitas kesehatan yang baik,” katanya.

Tidak hanya itu, dia berharap keberadaan RSUD Sidoarjo Barat ini mampu mendorong tumbuhnya perekonomian baru. Terutama usaha rakyat seperti kuliner, pemondokan, serta berbagai jasa lainnya.(den/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
32o
Kurs