Kamis, 9 Februari 2023

Pembangunan Rumah Warga Cianjur yang Relokasi Pascagempa Dimulai Hari Ini

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden melihat proses pembangunan rumah relokasi warga Cianjur, Jawa Barat, yang terkena dampak gempa, Senin (5/12/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Senin (5/12/2022), kembali mengunjungi wilayah terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Lokasi yang didatangi Presiden antara lain tenda pengungsian di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang.

Di situ, Jokowi melihat langsung kondisi para pengungsi dan mendengarkan cerita korban bencana yang kebanyakan ibu-ibu dan anak-anak.

Menurut Kepala Negara, kebanyakan pengungsi meminta supaya pembangunan rumah di tempat lain yang lebih aman (relokasi), segera dilaksanakan.

Merespons permintaan itu, Presiden bilang pembangunan rumah khusus untuk warga yang direlokasi dimulai hari ini.

“Saya ke sini untuk memastikan yang relokasi hari ini dimulai pembangunannya,” ujarnya.

Sedangkan bantuan uang untuk perbaikan rumah warga yang rusak akibat gempa, disalurkan mulai hari Kamis (8/12/2022), sesudah proses verifikasi selesai.

Bantuan uang Rp50 juta untuk rumah yang rusak berat, Rp25 juta untuk rumah yang rusak sedang, dan Rp10 juta untuk rumah warga yang rusak ringan.

“Nanti hari Kamis untuk bantuan yang bukan relokasi, yang bantuan Rp50 juta, Rp25 juta, dan Rp10 juta juga akan diberikan hari Kamis,” tegasnya.

Lebih lanjut, Jokowi Presiden menegaskan Pemerintah sudah menyiapkan sistem penyaluran bantuan tersebut, baik diberikan langsung mau pun lewat tabungan.

Berdasarkan data yang dipegang Kepala Negara, ada sebanyak 56 ribuan rumah warga yang rusak karena gempa Magnitude 5,6, hari Senin (21/11/2022).

Dengan disalurkannya bantuan tersebut, Presiden berharap masyarakat bisa membangun rumahnya, dan aktivitas sosial ekonomi kembali berjalan.(rid/rst)

Berita Terkait