Minggu, 25 September 2022

Pemerintah Dorong Siswa Perempuan Geluti Informatika

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Suharti Sesjen Kemendikbudristek di Yogyakarta, Rabu (10/8/2022). Foto: Antara

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendorong siswa perempuan untuk mau menggeluti bidang informatika.

“Kami ingin memastikan bahwa semakin banyak anak perempuan yang terlibat dan menyukai pelajaran eksakta, menyukai numerasi, sehingga semakin banyak anak perempuan yang menyukai bidang ini,” ujar Suharti Sesjen Kemendikbudristek di Yogyakarta, Rabu (10/8/2022).

Dia mengakui meski seluruh kontestan Indonesia pada International Olympiad in Informatics (IOI) 2022 adalah laki-laki, bidang informatika bukan untuk kaum Adam saja.

“Perlu digaungkan bahwa informatika merupakan bidang yang tidak hanya diperuntukkan untuk laki-laki, tetapi juga perempuan,” terang dia seperti dilansir Antara.

Indonesia untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah penyelenggaraan IOI, yang diselenggarakan secara bauran, yakni daring dan luring pada 7 Agustus hingga 15 Agustus 2022. Untuk kompetisi luring diselenggarakan di Yogyakarta.

IOI merupakan satu dari 14 olimpiade sains internasional dan merupakan kompetisi keempat tertua di dunia. IOI 2022 mengusung tema “Digital Energy of Asia”.

IOI 2022, diikuti 536 peserta, yang merupakan jumlah tertinggi sepanjang sejarah penyelenggaraannya. Sebanyak 414 peserta dari 72 negara berkompetisi secara luring di Yogyakarta, dan 122 peserta dari 18 negara berkompetisi secara daring. Tujuan penyelenggaraan IOI tersebut, untuk mengidentifikasi menantang, membangun talenta, membangun persahabatan internasional, hingga mengenalkan informatika pada siswa sekolah menengah.

Sebelumnya, Nadiem Anwar Makarim Mendikbudristek mengatakan bahwa ajang itu merupakan ajang yang menghubungkan talenta digital dari seluruh dunia.

Nadiem menyebut kompetisi itu merupakan sarana terbaik untuk membina dan menantang generasi muda dunia untuk mencintai informatika dan mengembangkannya untuk kehidupan yang lebih baik.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Minggu, 25 September 2022
31o
Kurs