Kamis, 25 April 2024

Pemerintah Klaim Tidak Ada Lonjakan Kasus Covid-19 Selepas Mudik Lebaran Idulfitri 2022

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi, mudik lebaran. Grafis: Dukut suarasurabaya.net

Muhadjir Effendy Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) mengatakan, kegiatan mudik pada momen Lebaran Idulfitri tahun ini berjalan baik.

Berdasarkan data yang dipegangnya, tidak ada kenaikan kasus Covid-19 beberapa pekan selepas libur lebaran. Bahkan, dia bilang kasus infeksi Virus Corona mengalami penurunan di seluruh wilayah Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Muhadjir, sore hari ini, Selasa (24/5/2022), usai rapat kabinet membahas evaluasi Mudik Lebaran 2022, di Kantor Presiden, Jakarta.

“Alhamdulillah, sampai sekarang Covid-19 tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Malah cenderung menurun,” ujarnya.

Menurut Menko PMK, salah satu faktor yang membuat penyebaran Virus Corona terkendali adalah capaian vaaksinasi yang tinggi, mulai dosis primer dan booster.

Lebih lanjut, Muhadjir menyebut ada sejumlah variabel penanganan Mudik Lebaran 2022 yang mendapat perhatian Joko Widodo Presiden.

Antara lain, pengaturan lalu lintas kendaraan pemudik, pengendalian Covid-19, ketersediaan bahan pangan, bahan bakar, dan pencapaian vaksinasi booster.

“Semua indikator itu sudah tercapai dengan memuaskan. Alhamdulillah,” katanya.

Seperti diketahui, pemerintah mengizinkan masyarakat pulang kampung pada momen Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah, sesudah dua tahun sebelumnya melarang karena pandemi Covid-19.

Kebijakan itu diputuskan Joko Widodo Presiden, dengan mempertimbangkan sejumlah faktor seperti tingginya capaian vaksinasi, dan terkendalinya kasus infeksi Virus Corona.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs