Sabtu, 15 Juni 2024

Pemerintah Mulai Vaksinasi Hewan PMK Secara Nasional di Jawa Timur Hari Ini

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Vaksinasi massal yang ditujukan kepada hewan yang terkena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Sidoarjo, Selasa (14/6/2022). Foto: Kominfo Jatim

Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur hari ini Selasa (14/6)/2022 mulai melakukan kegiatan vaksinasi massal dalam upaya pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) secara nasional di Kabupaten Sidoarjo.

“Melalui vaksinasi ini kita harapkan dapat membantu mencegah penyebarluasan penyakit, terutama di sentra peternakan sapi perah dan wilayah sumber bibit ternak”, ucap Nasrullah Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) saat melakukan pencanangan vaksinasi massal secara nasional di peternakan sapi perah Dusun Tanjunganom, Desa Tanjungsari, Kecamatan Taman, Sidoarjo.

Selain di Dusun Tanjunganom, vaksinasi juga dilakukan di Kelompok Ternak Pertapaan Jaya, Dusun Banjar Anyar, Desa Pertapaan Maduretno Kecamatan Taman, Sidoarjo.

Pada kesempatan tersebut Nasrullah menyampaikan, vaksinasi massal secara nasional ini merupakan salah satu tindakan permanen dan upaya serius pemerintah dalam rangka pencegahan dan pengendalian PMK melalui pengebalan hewan yang rentan PMK.

“Vaksin tahap pertama ini akan kita prioritaskan untuk ternak yang sehat dan berada di zona merah dan kuning karena jumlah vaksin kita saat ini masih terbatas, maka hanya ternak terpilih yang akan divaksin,” ungkap Nasrullah.

Menurut Nasrullah, hewan yang sudah sembuh dari PMK sudah memiliki kekebalan terhadap virus, sehingga belum divaksin dulu. Untuk pencegahan terhadap penularan PMK, Nasrullah menyarankan agar peternak menerapkan biosekuriti dan desinfeksi kandang.

Selain pencanangan vaksinasi di Kabupaten Sidoarjo, Kementan juga memberikan bantuan obat-obatanan di Kabupaten Sidoarjo berupa Antihistamin 500 dosis, vitamin 200 dosis, obat luka sebanyak 240 dosis dan desinfektan. Bantuan obat juga diberikan untuk Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Madiun.(dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 15 Juni 2024
29o
Kurs