Rabu, 6 Juli 2022
Pemkab Sidoarjo

Pemkab Sidoarjo Anggarkan Rp92,8 M untuk Penambahan dan Perbaikan PJU

Laporan oleh Tim Redaksi
Bagikan
Pemkab Sidoarjo akan memasang 847 titik penerangan jalan umum tahun ini. Foto: Kominfo Kabupaten Sidoarjo

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo tahun ini bakal menambah ratusan PJU (Penerangan Jalan Umum) baru dan memperbaiki ribuan PJU lama yang lampunya mati.

Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo mengatakan untuk pembangunan PJU Baru dan pemeliharaan PJU lama disiapkan anggaran senilai total Rp92,8 miliar.

Jumlah penambahan PJU baru tahun ini sebanyak 847 titik yang akan dibangun di beberapa kawasan kecamatan. Di antaranya di Kecamatan Krian, Porong, Taman, Krembung dan kecamatan lainnya.

“Sebagian besar PJU baru yang dibangun tahun ini lokasinya berada di Eks Kawedanan Krian 215 titik, Kecamatan Porong 207 titik, Kecamatan Sidoarjo 205 titik, Kecamatan Taman 210 titik dan program TMMD di Desa Rejeni Kecamatan Krembung 10 titik,” ujar Gus Muhdlor, Sabtu (28/5/2022).

Pekerjaan pemeliharaan PJU lama, seperti penggantian lampu, perbaikan tiang PJU dan pembenahan kabel instalasi terus dikebut. Bupati muda alumni FISIP Unair Surabaya itu memastikan penambahan ratusan PJU baru bisa dirampungkan tahun ini, termasuk pemeliharaan ribuan PJU lama.

Gus Muhdlor akan memantau terus pembangunan dan pemeliharaan PJU agar pelaksanaannya sesuai target dan tepat sasaran seperti yang diharapkan masyarakat

“Pelaksanaan di lapangan langsung dalam pengawasan saya. Penanganan PJU kita prioritaskan karena ini menyangkut keselamatan warga,” ujarnya.

Sementara itu Arie Prabowo Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum Dinas Perhubungan Sidoarjo menyampaikan, tahap pembangunan PJU baru sudah dalam proses kontrak dengan konsultan perencanaan dan dalam waktu dekat sudah masuk tahap lelang.

“Kecamatan Balongbendo juga masuk dalam rencana penambahan PJU baru, pemasangan akan dilakukan di beberapa titik jalan desa, di antaranya Dusun Sirapan Desa Kemangsen, Dusun Luwung Desa Sumokembangsri dan Dusun Sonosari Desa Seketi,” terangnya.

Arie optimis proses lelang tidak molor dan saat ini bidangnya tengah menyisir ribuan PJU lama yang mati untuk dilakukan perbaikan dan pemeliharaan.

“Pengecekan rata dilakukan di semua PJU, dan sampai dengan 23 Mei 2022 kemarin, Dinas Perhubungan Sidoarjo sudah mengganti 1.895 lampu PJU yang mati,” pungkas Arie.(adv/dfn/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
31o
Kurs