Jumat, 29 Maret 2024

Pemkab Sidoarjo Selesaikan Pelebaran Jalan Bangah Aloha

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pertigaan Jalan Bangah Aloha Sidoarjo yang sudah dilakukan proses pelebaran jalan. Foto: Antara

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo telah menyelesaikan proyek pelebaran jalan yang ada di Pertigaan Jalan Bangah, Aloha, Sidoarjo sehingga mampu mengurai kemacetan lalu lintas di kawasan tersebut.

Lewat keterangan pers pada Minggu (6/11/2022), Ahmad Muhdlor Bupati Sidoarjo mengatakan pengerjaan pelebaran jalan sudah tahap finishing, tinggal menyelesaikan pekerjaan pada median jalan di tengah dan di sebelah barat.

“Usai dilebarkan kemacetan yang biasa terjadi di pertigaan itu sekarang sudah tidak tampak lagi,” ujarnya.

Gus Muhdlor mengatakan pelebaran jalan tersebut tidak menghambat jalur kendaraan. Arus lalu lintas di Aloha terlihat begitu lancar, baik kendaraan yang datang dari arah Sidoarjo maupun kendaraan yang keluar masuk ke Sawotratap-Bangah.

“Lalu lintas menjadi lancar karena selain dilebarkan, ruas jalan dibuat terpisah, tujuannya agar kendaraan yang keluar dari Bangah tidak sampai mengganggu arus lalu lintas yang datang dari arah Sidoarjo,” ucapnya.

Menurut Gus Muhdlor, pelebaran jalan tersebut sebagai upaya untuk mengurangi  kemacetan secara signifikan.

“Karena, di pertigaan inilah penyebab kemacetan terjadi selama ini. Setelah kami lebarkan, sekarang arus lalu lintas jadi lancar, hanya pada jam tertentu arus lalu lintas melambat karena bersamaan dengan jam pulang karyawan yang bekerja di perusahaan sekitar Aloha,” kata dia.

Selain itu, rencana Gus Muhdlor akan mempercantik kawasan di pertigaan Bangah dengan didirikan taman. Ada dua titik taman yang akan dibangun, yaitu di median jalan tengah dan di sebelah sisi barat yang tempatnya lumayan luas untuk penghijauan.

“Ada beberapa titik yang disiapkan untuk dibuat taman agar lebih cantik sekaligus penghijauan. Namun, sekarang biar proyek pelebaran itu dituntaskan dulu oleh Dinas PU Bina Marga dan SDA,” katanya.

Rizal Asnan Plt. Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga dan SDA Pemkab Sidoarjo menyampaikan, pekerjaan di pertigaan Bangah Aloha tinggal beberapa hari saja.

“Proyek pelebaran Bangah-Aloha ini selesai sesuai target,” tutur Rizal.(ant/tik/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs