Sabtu, 27 April 2024

Pemkot Surabaya Akan Buka Lelang Ducting untuk Rapikan Utilitas dalam Drainase

Laporan oleh Retha Yuniar
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mengecek drainase Jalan Simpang Dukuh dan Jalan Kenari Surabaya, Selasa (19/7/2022). Foto: Retha suarasurabaya.net

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menginstruksikan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) membuka lelang pengadaan ducting untuk merapikan utilitas di dalam drainase.

“Jadi tidak apa-apa, undang itu investor. Sehingga nanti semua kabel. Baik itu fiber optic, kabel listrik, telepon, itu bisa masuk semua ke dalam ducting. Jadi rapi,” kata Eri seusai mengecek drainase Jalan Simpang Dukuh dan Jalan Kenari Surabaya, Selasa (19/7/2022). Dia menemukan kabel fiber optic yang malang melintang di dalam box culvert.

“Saya lihat kabel di dalam (gorong-gorong) berantakan, menggantung-gantung. Nah ini kan menghambat aliran air,” ungkapnya.

Kabel serat optik di dalam drainase, kata Eri, tidak dalam kondisi ter-klem permanen. Hanya diberi penyangga temporer yang kurang kuat dan mudah terlepas jika debit air di dalam drainase naik. Sampah yang menyangkut pada kabel inilah yang menghambat aliran air dan menyebabkan banjir.

Eri langsung menyampaikan kepada Lilik Arijanto Kepala DSDABM agar ke depannya kabel serat optik tidak lagi diletakkan di dalam box culvert.

Eri juga meminta agar pengerjaan ducting ini dilakukan di seluruh saluran air di Surabaya. (tha/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs