Jumat, 14 Juni 2024

Pemkot Surabaya Gencarkan Operasi Yustisi Kebersihan Lingkungan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Armuji Wakil Wali Kota Surabaya, saat mengetahui tumpukan sampah yang menggunung di sepanjang Jalan Tenggumung, Kota Surabaya pada Kamis (14/7/2022). Foto: Antara

Pemerintah Kota Surabaya, mulai menggencarkan operasi yustisi kebersihan lingkungan di kawasan perkampungan di Kota Pahlawan, Jawa Timur.

Antara melansir, Armuji Wakil Wali Kota Surabaya, Sabtu (16/7/2022) mengatakan, pihaknya akan memberikan perhatian penuh terhadap urusan kebersihan kota, karena meningkatnya jumlah sampah yang dihasilkan akibat bertambahnya jumlah penduduk.

Ia menegaskan, bahwa pentingnya operasi yustisi kebersihan. Apalagi adanya tumpukan sampah yang menggunung dan mengganggu pandangan mata, serta menimbulkan bau yang tidak sedap di sepanjang Jalan Tenggumung Surabaya pada Kamis (14/7/2022).

Bahkan ada kasur, kayu bakar, perabotan rumah tangga, dan serpihan kaca yang dibuang oleh warga yang tidak dikenal, saat dini hari hingga subuh.

Mendapati hal itu, Armuji memerintahkan kelurahan dan kecamatan setempat untuk melakukan pengawasan secara terjadwal pada titik-titik yang menjadi lokasi pembuangan sampah sembarangan.

“Permasalahan tersebut perlu diselesaikan secara komprehensif, mulai dari hulu ke hilir,” ujar Armuji.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya, telah menjaring 22 warga yang membuang sampah di sepanjang Jalan Tenggumung. Kemudian KTP para pelaku disita dan dikenai sanksi denda sebesar Rp75 ribu. Selanjut pelaku dipanggil ke Balai Kota Surabaya pada Jumat (15/7/2022).

“Kalau diulangi lagi, nanti akan kami proses dengan sanksi paling berat. Biar nanti yang membina kepolisian,” tegas Armuji. (ant/des/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 14 Juni 2024
26o
Kurs