Kamis, 25 April 2024

Pemkot Surabaya Kembali Buka Beasiswa Jenjang SMA Sederajat

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Suasana dalam kelas pembelajaran. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membuka kembali pendaftaran beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya gelombang II, yang dikhususkan bagi jenjang SMA/SMK/MA sederajat. Langkah ini dilakukan untuk menunjang beasiswa yang sudah diberikan Pemerintah Pusat maupun Jawa Timur (Jatim) bagi warga Surabaya.

Pendaftaran beasiswa gelombang dua ini tidak jauh beda dengan gelombang pertama, termasuk persyaratannya. Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya berharap, beasiswa tersebut dapat mengentas pemuda Surabaya yang putus sekolah.

“Bagi arek-arek Suroboyo yang hari ini butuh beasiswa dan menempuh jenjang SMA dan sederajat, silahkan mengajukan beasiswa kepada Pemkot Surabaya. Pendaftaran gelombang dua ini mulai tanggal 23 Agustus sampai 7 September 2022. Jadi, ayo segera daftarkan diri kalian,” kata Eri, Kamis (25/8/2022).

Sementara itu, Wiwiek Widayati Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya menambahkan, beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya gelombang I sudah dibuka mulai tanggal 17 sampai 24 Juni 2022. Kini, sudah memasuki seleksi administrasi.

“Jadi, kita sudah saring MBR-nya dan studinya, karena terkadang adik-adik SMK ini tidak mengisi lengkap di aplikasi, sehingga kita tidak tahu detail profil penerima beasiswa itu, makanya diperlukan seleksi administrasi ini, kalau sudah administrasinya, lalu kita umumkan yang lolos,” kata Wiwiek.

Ia juga memastikan bahwa beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya ini menyediakan kuota sebanyak 13.415 siswa. Gelombang I terpenuhi sebanyak 1.421 siswa dan sisanya dari gelombang II, yakni sekitar 11.994 siswa. “Jadi, kuotanya sangat banyak. Monggo dimanfaatkan dan segera daftar,” tegasnya.

Sementara itu, Pudji Astuti Kepala Bidang Kepemudaan Disbudporapar Surabaya menjelaskan, bahwa teknis pendaftaran beasiswa gelombang II ini tidak jauh beda dari yang sebelumnya. Syaratnya, pemuda warga Surabaya (KK/KTP/ Kota Surabaya) yang sedang menempuh jenjang pendidikan SMA/SMK/MA negeri/swasta atau sederajat, melampirkan rapor terakhir, memiliki kesehatan yang memadai, dan mengisi form dan mengunggah file dokumen pada aplikasi Besmart, yaitu besmart.surabaya.go.id.

“Beasiswa itu merupakan bantuan biaya pendidikan. Nantinya, mereka yang mendapatkan beasiswa ini akan mendapatkan bantuan sebesar Rp200 ribu peranak perbulan, terhitung sejak diputuskan,” katanya.

Ia juga menjelaskan, bahwa beasiswa ini untuk meningkatkan kualitas anak muda Surabaya, terutama yang menempuh pendidikan di jenjang SMA/SMK/MA sederajat. Selain itu, untuk mendorong pembelajaran SMA sederajat supaya pembelajarannya bisa optimal.

Sedangkan untuk layanan informasi bisa menghubungi di nomor 082132870798 atau bisa juga melalui Instagram di akun: @besmart.disbudporaparsby. Layanan informasi itu akan dilayani pada pukul 08.00-16.00 WIB. (lta/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs