Kamis, 25 April 2024

Pemkot Surabaya Tampilkan Drama Musikal Perobekan Bendera di CFD Besok

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya diatas Hotel Majapahit, Surabaya. Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar), akan menggelar Drama Musikal Sejarah “Berkibarlah Benderaku” pada Minggu (18/9/2022) besok di CFD Jalan Tunjungan.

Drama musikal ini nantinya akan mengisahkan perjuangan arek-arek Suroboyo dalam peristiwa perobekan bendera, yang terjadi pada 19 September 1965 silam.

Wiwiek Widayati Kepala Disbudporapar Kota Surabaya mengatakan, pagelaran tersebut akan didukung 1.200 pemain dari lintas kesenian. Di antaranya pelajar, seniman, mahasiswa, dan pecinta sejarah di Kota Surabaya.

Bahkan, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya juga akan ikut mengekspresikan nilai-nilai sejarah dengan memimpin menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dalam kegiatan besok.

“Bapak Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya akan memimpin seluruh pemain drama musikal dan penonton untuk memberikan penghormatan kepada bendera merah putih. Yakni, dengan memimpin menyanyikan lagu Indonesia Raya,” kata Wiwiek, Sabtu (17/9/2022).

Usai memimpin menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Cak Eri sapaan lekatnya akan membacakan puisi yang berjudul “Arek Suroboyo”. Melalui puisi tersebut, Wiwiek menjelaskan bahwa Eri ingin menggelorakan semangat nasionalisme untuk para generasi muda di Kota Surabaya, serta melanjutkan perjuangan dari para pahlawan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di Kota Surabaya.

Konsep pertunjukan tersebut berformat Happening Art yang menggunakan Jalan Tunjungan sebagai ruang pertunjukan. Mulai dari unsur teatrikal, tari, musik, puisi, dan performer yang berkolaborasi untuk mengekspresikan nilai-nilai sejarah, dalam penguatan Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan.

“Penampilan ini dibagi tiga spot (lokasi). Pertama ada di dekat Siola dan Jalan Ketandan, kedua ada di depan Jalan Genteng Besar, dan ketiga adalah penampilan inti di Hotel Majapahit. Jadi penampilan ini akan dimulai dari Jalan Tunjungan menuju ke Hotel Majapahit dengan cerita teatrikal yang dibawakan saling berkesinambungan,” terangnya.

Terpisah, Heri Prasetyo sutradara Drama Musikal Sejarah “Berkibarlah Benderaku”mengatakan, bahwa pagelaran Drama Musikal Sejarah ini akan digelar secara tatap muka, setelah sebelumnya ditampilkan dalam format film berjudul “Arek Suroboyo” pada 2021 silam.

Karenanya, tahun ini akan dikonsep berbeda dengan drama kolosal sebelumnya, dimana masyarakat diajak untuk berpartisipasi dalam pertunjukkan dengan mengenakan kostum atau pakaian Surabaya tempo dulu.

“Kita merekonstruksi seputar peristiwa sekitar tanggal 19 September 1965 itu tidak hanya di Hotel Majapahit, tetapi di beberapa lokasi lain di Jalan Tunjangan. Kami juga mengajak masyarakat menjadi bagian dalam pertunjukan, dengan menyanyikan lagu Indonesia bersama-sama dan ikut memegang bendera merah – putih dengan panjang 770 meter. Selain itu, penampilan drama musikal ini juga diikuti oleh 150 mahasiswa pertukaran pelajar se- Indonesia,” jelasnya. (lta/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs