Kamis, 25 April 2024

Pemulangan Jemaah Haji Gelombang Dua Mulai Sabtu 30 Juli

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Amin Handoyo Kadaker Madinah, saat memberi penjelasan terkait aturan baru kepemilikan Tasrih. Foto: kemenag.go.id

Fase pemulangan jemaah haji Indonesia gelombang kedua dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah dimulai pada 30 Juli 2022. Amin Handoyo Kepala Daker Madinah mengatakan, seluruh petugas sudah siap dengan dimulainya fase pemulangan jemaah haji dari Madinah menuju Tanah Air.

“Dini hari nanti, kita akan memulangkan jemaah haji dari Madinah ke Tanah Air. InsyaAllah, seluruh petugas sudah siap untuk memfasilitasi layanan kepulangan jemaah,” ujar Amin Handoyo, seperti dilansir dari laman Kemenag, Jumat (29/7/2022).

Menurutnya, ada lima (kloter) jemaah haji Indonesia yang akan berangkat pada hari pertama pemulangan. Kelimanya adalah kloter 24 Embarkasi Jakarta – Pondok Gede/JKG 24 (terbang 04.30 waktu Arab Saudi/WAS), kloter 8 Embarkasi Medan/MES 8 (07.10 WAS), kloter 5 Embarkasi Aceh/BTJ 5 (08.50 WAS), kloter 22 Embarkasi Solo/SOC 22 (14.10 WAS), dan kloter 3 Embarkasi Makassar/UPG 3 (16.50 WAS).

Selain memulangkan jemaah ke Tanah Air, Daker Madinah juga akan menerima kedatangan jemaah haji gelombang kedua dari Makkah.

“Sampai saat ini sudah ada 29.413 jemaah yang diberangkatkan dari Makkah dan tiba di Madinah. Mereka tergabung dalam 74 kloter,” ujar Amin.

“Saya harap jemaah tetap menjaga kondisi fisik, perbanyak minum, dan tidak memaksakan diri dalam beraktivitas selama di Madinah. Apalagi, cuaca di Madinah relatif lebih panas. Semoga semua jemaah sehat hingga kembali ke Tanah Air dan mabrur. Aamiin,” harapnya.

Sebagai informasi tambahan, proses kedatangan jemaah haji dari Makkah ke Madinah akan berlangsung sampai 4 Agustus 2022. Sementara untuk kepulangan jemaah haji dari Madinah ke Tanah Air akan berakhir pada 13 Agustus 2022. (des/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs