Jumat, 14 Juni 2024

Penanganan Gempa Cianjur Hari Ini Fokus Melakukan Pencarian Korban

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Letjen TNI Suharyanto Kepala BNPB selaku Ketua Satgas Penanganan PMK memberikan arahan kepada jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) dalam Rapat Koordinasi Penanganan PMK di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Jumat (29/7/2022). Foto: Humas BNPB

Letjen TNI Suharyanto Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan, hari ini, Rabu (23/11/2022), tim gabungan masih fokus melakukan penyelamatan dan pencarian korban bencana gempabumi.

Sebanyak 90 personel dengan kemampuan penyelamatan dan peralatan pendukung termasuk anjing pelacak diterjunkan ke titik-titik pencarian.

Dalam keterangan pers di Kantor Bupati Cianjur, Jawa Barat, Kepala BNPB bilang pencarian hari ini dilakukan di Sektor 1 Kampung Cugenang RT 02, Sektor 2 Kampung Rawa Cina Desa Nagrak, Sektor 3 Kampung Salakawung Desa Sarampat, dan Sektor 4 di Warung Sate Sinta.

“Fokus giat tanggap darurat dalam 3 kali 24 jam pertama adalah pencarian dan penyelamatan warga terdampak. Berjalan paralel, sudah tergelar 14 titik pengungsian dengan fasilitas dapur umum, tenaga medis dan logistik yang memadai dan terus disempurnakan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kepala BNPB menegaskan, warga yang rumahnya rusak akibat gempabumi akan mendapatkan bantuan dana dari Pemerintah.

“Menunggu proses rehabilitasi dan rekonstruksi, warga terdampak akan diberikan dana tunggu hunian bagi mereka yang bisa tinggal di rumah kerabat,” tegas Suharyanto.

Sebelumnya, Selasa (22/11/2022), Joko Widodo Presiden menjanjikan bantuan Pemerintah untuk warga yang rumahnya rusak karena gempa bumi.

Bantuan itu berupa uang Rp50 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan berat, Rp25 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan sedang, dan Rp10 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan ringan.

Dalam kunjungan kerja ke lokasi bencana, RI 1 memerintahkan supaya rumah tinggal dan fasilitas umum yang nantinya dibangun di Cianjur berstandar anti gempa.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 14 Juni 2024
29o
Kurs