Sabtu, 20 April 2024

Pengungsi Semeru Butuh Selimut dan Tikar

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Salah satu pengungsi Gunung Semeru Posko Pengungsian di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (6/12/2022). Foto: Antara

Pengungsi Gunung Semeru Posko Pengungsian di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang membutuhkan selimut dan tikar untuk dipakai tidur.

Berdasarkan pantauan Antara di posko pengungsian, Selasa (6/12/2022), bantuan yang diterima para pengungsi kebanyakan adalah makanan dan popok bayi.

“Kami saat ini butuh selimut dan tikar untuk tidur. Kalau makanan sepertinya cukup,” kata Mahmudah pengungsi asal asal Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh.

Untuk kebutuhan lain, seperti pakaian, kata dia, masih bisa diambil dari rumah karena rumahnya tidak terkena awan panas guguran (APG).

“Rumah kami Alhamdulillah tidak apa-apa. Tapi menjadi zona merah,” katanya.

Dia pun berharap semua pihak terkait memberikan bantuan yang lebih dibutuhkan oleh para pengungsi.

Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran dengan jangkauan sejauh tujuh kilometer pada Minggu (4/12/2022), pukul 02.46 WIB. Pada pukul 12.00 WIB, PVMBG mengambil langkah mitigasi dengan menaikkan status Gunung Semeru dari sebelumnya Level III atau Siaga menjadi Level II atau Awas.

Keputusan itu diambil agar warga yang bermukim di kawasan rawan bencana Gunung Semeru mengosongkan daerah mereka dan mengevakuasi diri menuju pengungsian yang telah disediakan di daerah yang aman dari jangkauan erupsi. Dengan demikian, tidak menimbulkan korban jiwa bila sewaktu-waktu gunung api tersebut meletus.(ant/gat/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs