Selasa, 16 April 2024

Penumpang Kereta Api Libur Nataru Tahun Ini Diperkirakan Naik Dua Kali Lipat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Suasana keberangkatan penumpang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Minggu (25/12/2022). Foto: Antara

Eva Chairunisa Kepala Humas PT KAI Daop 1 menyampaikan, total penumpang kereta api pada masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru tahun 2023 diprediksi meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

“Penjualan tiket kami prediksi bisa sampai dua kali lipat. Nataru tahun lalu total tiket terjual selama 18 hari sebanyak 190 ribu. Sementara sekarang, tiket yang sudah terjual 325 ribu,” ujarnya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, sebagaimana dikutip Antara, Minggu (25/12/2022).

Dari jumlah tiket tersebut, Eva menjelaskan terdapat rute favorit yang menjadi tujuan penumpang untuk berlibur, di antaranya Semarang, Solo, dan Kutoarjo.

“Kalau dilihat dari pilihan tiket yang sudah terjual, memang terdapat sejumlah rute favorit. Di antaranya tujuan Jogja, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo. Lebih jauhnya lagi itu ada tujuan Malang dan Surabaya yang menjadi paling favorit. Untuk jarak sedang sendiri itu ada Bandung dan juga Cirebon,” paparnya.

Lebih lanjut, Eva mengatakan pihaknya telah melakukan penambahan jumlah personel keamanan sebagai antisipasi kepadatan penumpang yang naik mau pun turun dari Stasiun Pasar Senen.

Selain itu, Stasiun Pasar Senen juga menambah petugas customer service yang akan memberikan informasi kepada para calon penumpang hingga membantu mengatur arus penumpang.

“Secara keseluruhan, kami menambah jumlah personel pengamanan. Kemudian, menambah 600 personel keamanan gabungan TNI dan Polri. Kami juga menambah petugas customer service mobile yang kami tempatkan di zona 3, yang pakai rompi. Mereka melayani penumpang untuk memberikan informasi, kemudian membantu mengatur flow penumpang,” pungkasnya.

Sekadar informasi, mukai 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023, sebanyak 1.221 kereta api tersedia dan terdapat 339 penambahan. Sementara, jumlah tempat duduk yang tersedia sebanyak 736.406 dan tiket yang terjual sudah mencapai 325 ribu.

Khusus di Stasiun Pasar Senen, tersedia 32 kereta api dengan volume keberangkatan 18.133, dan volume kedatangan sebanyak 6.049.(ant/tik/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
30o
Kurs