Sabtu, 4 Mei 2024

Peringati Hari Pencegahan Bunuh Diri, FK Unair Nyalakan Lilin Bersama

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ratusan peserta yang berasal dari mahasiswa dan dosen FK Unair sedang menyalakan lilin dalam rangka memperingati hari pencegahan bunuh diri sedunia di halaman FK Unair, pada Sabtu (10/9/2022). Foto: Risky Suarasurabaya.net

Dalam rangka memperingati hari pencegahan bunuh diri sedunia, 300 an Mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) menyalakan lilin bersama di halaman fakultas, pada Sabtu (10/9/2022).

Budi Santoso Dekan Fakultas Kedokteran Unair, mengatakan bahwa acara ini diadakan untuk memberi empati serta ikut mencegah adanya tindakan bunuh diri. “Acara ini menjadi upaya untuk terus melakukan kepedulian, memberi empati dan ikut mencegah bunuh diri,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa orang-orang yang mempunyai kecenderungan untuk bunuh diri, perlu didampingi agar tidak melakukan tindakan tersebut. “Mereka yang punya kecenderungan bunuh diri, perlu kita rangkul dan perlu kita dampingi, agar niat bunuh diri itu tidak jadi terlaksana,” tukasnya.

Budi Santoso Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga saat memberikan sambutan dalam acara peringatan hari pencegahan bunuh diri sedunia dengan menyalakan lilin di halaman FK Unair, pada Sabtu (10/9/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sementara itu, Emil Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur (Wagub Jatim), yang juga hadir di tengah-tengah mahasiswa dan dosen FK Unair, mengapresiasi acara kepedulian terhadap orang yang kondisi mentalnya sedang tidak sehat. “FK Unair mengambil inisiatif ini, dan saya mengapresiasi adanya acara ini. Ini adalah bagian dari peringatan hari pencegahan bunuh diri dan untuk kepedulian antar sesama,” ucapnya.

Ia berharap, dengan adanya acara yang digerakkan oleh FK Unair ini, masyarakat luas akan lebih mudah untuk teryakinkan agar lebih memedulikan kesehatan mental.

“Mudah-mudahan, karena kepedulian ini diinisiatif oleh para intelektual, masyarakat luas akan lebih mudah untuk teryakinkan pentingnya mental health,” ucapnya.

Emil Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur saat menyanyikan lagu smile karya Michael Jackson sebagai simbol harapan dalam acara peringatan hari pencegahan bunuh diri sedunia, pada Sabtu (10/9/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sebagai informasi, acara tersebut dimulai pada pukul 19.30 hingga 21.00 WIB. Diikuti oleh seluruh prodi yang ada di fakultas kedokteran Unair, dengan menggunakan dress code hitam putih dan setiap orang membawa satu batang lilin.(ris/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
32o
Kurs